Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Beras Bansos Akan Dibagikan Gratis ke KPM



Suarabamega25.com – Peluncuran Bantuan Sosial Beras Sejahtera (BANSOS RASTRA) Kabupaten Kotabaru, Kemis (24/01/18) di Kantor Bulog Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara dihadiri Kepala Dinas Sosial Kotabaru, Polres Kotabaru, Bappeda Kotabaru, Kepala Bulog Kotabaru, Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial, Staf Bulog Kotabaru.

Kepala Dinas Sosial Kotabaru Drs. Selamat Riyadi mengatakan setelah berganti nama dari Beras Miskin (Raskin) ke Beras Sejahtera (Rastra). Kini nama tersebut berubah lagi menjadi Beras Bantuan Sosial (Bansos).

Selain nama, berat beras yang dibagikan ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dinamakan Rastra diberikan 15 Kg beras dengan diwajibkan membayar Rp 1.600 perkilogramnya. Sementara Bansos hanya menerima 10 Kg beras namun tidak dibayar. Artinya KPM akan diberikan secara gratis. ‘’Untuk jumlah KPM nya sama dengan tahun sebelumnya. Hanya saja jumlah yang diterima dari yang dulunya 15 kilogram menjadi 10 kilogram

" Meminta kepada keluarga penerima manfaat (PKM) bantuan sosial pangan beras sejahtera (Rastra) 2018 agar bahan pokok itu dapat dimanfaatkan dengan baik. BERAS yang diterima ini jangan dijual, khawatir kalau dijual tidak bisa membeli lagi,” kata Selamat pada peluncuran bantuan sosial beras sejahtera (Rastra)
Kepala Bulog Kotabaru  Nur Endah Saptorini mengatakan hari ini peluncuran Bansos Tahun 2018 di Kabupaten Kotabaru dalam rangka pemberian batuan sosial kepada masyarakat  Kotabaru, sementara Bansos jumlah yang diterima dari yang dulunya 15 kilogram menjadi 10 kilogram. KPM yang menerima juga tidak membayar atau diberikan gratis,’’ terangnya.
" Dalam pendistribusian beras Bansos, pihaknya tetap mengacu kepada Rastra. Tugas dari Bulog membawa dari gudang untuk didistribusikan ke lokasi yang ditunjuk oleh Pemerintah Daerah, baik ke Desa maupun kelurahan. Sementara untuk pembagiannya itu tugas dari pihak desa dan kelurahan yang menyalurkan ke dusun, RW dan RT untuk diberikan kepada penerima. Jika nantinya dalam pembagian adanya ditarik biaya, maka bukan menjadi kewenangan Bulog.

 Kata Rini, " Kita membawa dari gudang Bulog sampai titik distribusi yang ditunjuk oleh Pemda. Itu nanti kita distribusikan ke kantor desa dan kelurahan, untuk dilanjutkan ke Dusun, RW dan RT. Dan itu bukan kewenangan kita. Peluncuran perdana Bansos Rastra ke Kecamatan Pulau Kepulauan Kab. Kotabaru di 9 Desa sebanyak 7.6 Ton Beras. Rencananya  akan di bagikan di 21 Kecamatan dan 201 desa di Kabupaten Kotabaru. (Hasan)

Tidak ada komentar: