Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Waduk Riam Kanan Adalah Waduk Terbesar di Kalimantan Selatan

Suarabamega25.com - Waduk Riam Kanan adalah salah satu waduk terbesar di Kalimantan Selatan. Dengan pembangunanya memakan waktu 10 tahun dengan Pemrakarsanya oleh Bapak Ir. Pangeran Muhammad Noor dengan Barito River Basin Project yang membendung 8 sungai yang bersumber dari pegunungan merataus.

Sehingga menyebabkan 9 desa kemudian ditenggelamkan diarea seluas 9.730 ha. Waduk yang telah diresmikan tahun 1973 ini hingga saat ini memberikan manfaat yang besar pada masyarakat Kalimantan selatan.

Tidak hanya sebagai pembangkit tenaga listrik tenaga air, tetapi juga telah dimanfaatkan masyakarat sekitar untuk berbagai macam usaha. Terdapat banyak usaha klotok untuk mengangkut masyarakat dari pelabuhan Tiwingan ke desa-desa yang tidak bisa dilalui jalan darat. Selain itu usaha tambak ikan juga merupakan usaha yang memberikan keuntungan bagi masyarakat.
Waduk Riam Kanan yang merupakan bagian dari TAHURA Sultan Adam memiliki air yang jernih dengan pemandangan alam yang indah. Terdapat beberapa spot untuk melihat keindahan riam kanan seperti bukit matang keladan dan bukit batas. Selain itu terdapat “pulau-pulau” sebagai akibat ditenggelamkannya areal ini.

Pulau Pinus merupakan  yang memiliki daya tarik tersendiri, hal ini dikarenakan dipulau ini terdapat populasi pohon Pinus merkusii yang tidak terdapat pada areal lainnya. Selain itu pemandangan dari pulau pinus ini sangat indah. Hal lain yang menarik dari waduk riam kanan adalah tedapat batang pohon – pohon yang telah mati tetapi masih tegak berdiri walaupun telah terendam air sekian lama.(Humasprotokolkalsel)

Tidak ada komentar: