Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

KH. Zubair Dahlan Rembang Guru Ulama Dari Sarang Rembang .


Suarabamega25.com, KH. Zubair Dahlan merupakan salah satu ulama Nusantara asal Rembang Jawa Tengah. Beliau adalah ayahanda dari Syekh Maimoen Zubair. Beliau anak kedua dari KH. Dahlan Sarang.

Mbah Zubair Dahlan memiliki banyak guru, di antaranya adalah Sayyid Alawi bin Abbas al-Maliki. Sementara murid-muridnya banyak yang menjadi ulama besar, salah satunya adalah KH. Idris Marzuqi  Pengasuh Pesantren Lirboyo.

KH. Zubair Dahlan lahir pada tahun 1323 H di Sarang. Beliau merupakan putra kedua dari KH. Dahlan Sarang. Kelahiran beliau bertepatan dengan mukimnya KH. Ahmad bin Syuaib di Makkah.

KH. Zubair Dahlan melepas masa lajangan pada usia 24 tahun, beliau menikahi Nyai. Mahmudah binti KH. Ahmad bin Syu’aib. Buah dari pernikahannya, beliau dikaruniai lima laki-laki dan perempuan, semua meninggal di usia balita kecuali satu yaitu KH. Maimoen Zubair. Nyai Mahmudah meninggal pada bulan Jumadil Akhir tahun 1358 H.

Kemudian beliau menikah yang kedua kalinya dengan ‘Aisyah binti Abdul Hadi dari keluarga Burno. Beliau dianugerahi putra-putri, lima putri yaitu adalah Halimah, Sai'dah, 'Afifah, Sholihah, Salamah, serta Ma'ruf Zubair.



Sejak kecil KH. Zubair Dahlan telah tampak kecerdasannya dan sangat disayang kakek dan keluarganya. Beliau tumbuh dan berkembang pada asuhan kakeknya serta belajar bermacam-macam ilmu agama pada ayahnya KH. Dahlan.

Beliau belajar al-Qur’an serta ilmu dasar pelajaran agama pada kakeknya KH. Syuaib. Beliau telah fashih membaca Al-Qur’an beserta tajwid-tajwidnya pada umur 6 tahun. Kemudian mengaji Khulashoh Ibnu Malik yang terkenal dengan Alfiyah dan Ilmu Gramer Arabikya, belajar taqrib mulai awal sampai akhir pada pamannya KH. Ahmad bin Syu’aib.

Kemudian, beliau mengaji kitab fathul wahab karangan Syekh Zakariya Al-Anshori pada K. Fatkhurrahman kecuali sekelumit dari kitab ini.

Sekitar umur 17 tahun beliau bersama kakek serta neneknya KH. Syuaib pergi ke Makkah. Dan beliau mukim di sana selama tiga tahun bersama pamannya K. Imam Kholil.

Ketika di Mekkah beliau belajar kepada Syekh Ibnu Maya’ba As-Sanqithi, beliau mengaji Hadits dengan KH. Baqir Al Jogjawi, beliau mengaji kitab Tafsir Jalalain, Sarah Imam Mahally Fan Fiqh mulai permulaan sampai khatam dan yang lain.

- Syekh Sa’id Al-Yamani beliau Termasuk santri terakhir yang mengaji pada Syaih Sa’id (Taghommadahullahu birohmatihi wa ridwanih).

- Syekh Al-Alamah Hasan Al-Yamani putra Syaikh Sa’id Al-Yamani mengaji kitab tasrif Al-Azizi, sarah Al-Kafrawi, sarah matan Al-Jurumiyyah, juga kitab yang lain lebih-lebih kitab ilmu arab.

Syekh Hasan sangat bersungguh-sungguh mendidik dan mengajar beliau sampai meneliti tulisan-tulisan beliau dan membenarkan dengan tangannya sendiri yang mulia, pada awal beliau mengaji pada Syaih Hasan beliau di suruh untuk meng’i’rob  مررت بزيد dan ضرب زيد عمرا beliau berkata مررت fi’lu madhin mabniyun ala sukun, Atta’u dhomirun mabniyun ala dlom …. Sampai akhir.

Syekh Hasan berkata “kamu Termasuk ahli Kuffah padahal ahli kuffah tidak mencukupi, tinggalkan apa yang di pegang oleh ahli kuffah sebab mereka lebih mementingkan darah nyamuk sedang mereka mengabaikan darah Husain”. Sejak itu beliau di juluki gurunya Zubair kuffi.

Kemudian bersama pamannya KH. Imam Kholil pulang ke Jawa dan seterusnya beliau meneruskan belajar ilmu-ilmu agama pada Syekh Al-Alamah KH. Faqih bin Abdul Jabar Maskumambang beliau mengaji kitab tafsir, Jam’ul Jawami’, Sarah Umul Barohin masalah aqidah mulai awwal sampai hatam dan kitab yang lainnya.

Beliau sekaligus di beri ijazah sebagaimana halnya orang-orang Ahli ijazah. Lebih-lebih isi yang terkandung dalam kitab Kifayatul Mustafid lima ‘Ala Minal Asanid karangan Syekh Muhammad Mahfudz Bin Abdullah Tremas.

Pada tahun 1371 H ketika beliau naik haji beserta rombongan ke tanah Makkah Madinah, di sana beliau bertemu yang mulia para ulama yang alim, di antaranya fadilatul ‘alamah yang mengajar di tanah Makkah dan pengajar di Masjidil Harom yang mulia sayyid Alawy bin Abbas Al-Maliki r.a, beliau mengaji di naungan majlis ta’lim di makkah tempatnya di Babissalam, apa yang di ajarkan Sayyid Alawy ya’ni masalah yang berhubungan dengan manasik haji dan umroh.

Beliau heran dengan indahnya redaksi dan fashohah yang bisa menjelaskan dalam penerapan pengajaran sayyid Alawi sampai mengecap dan membekas di hati beliau yang sangat dalam sebab keindahannya. Pada kesempatan yang mulia ini seperti yang di ceritakan pada saya, beliau memberi implikasi berbagai sebab lantaran bertemu dengan sayyid Alawi dan mengambil contoh pada sayyid di sela-sela waktu yang sangat singkat.

Begitu juga bertemu dan mengaji dengan Fadilatussayyid Al-‘Alamah Al- Ustadz Yasin bin Isa al-Fadani

Guru dari Mbah Zubair antara lain ;KH. Syuaib, KH. Ahmad bin Syu’aib, KH. Fatkhurrahman, Syekh Ibnu Maya’ba As-Sanqithi, Syekh Sa’id Al-Yamani, Syekh Al-Alamah Hasan Al-Yamani, KH. Faqih bin Abdul Jabar Maskumambang, Sayyid Alawy bin Abbas Al-Maliki r.a dan Fadilatussayyid Al-‘Alamah Al- Ustadz Yasin bin Isa al-Fadani

Beliau mulai mengajar ketika berumur 23 tahun  pada saat pulang dari mengaji pada KH. Faqih Maskumambang. Beliau  ngajar di Pondok Pesantren Sarang. 

Adapun santri yang beliau ajar adalah santri mulai setingkat ibtida’ sampai ‘aliyah. Sedangkan kitab yang beliau jadi bahan pengajaran mulai kitab kecil seperti ‘Aqidatul ‘Awwam, matan Taqrib, matan Jurumiyah, Tasrif Al-‘Azri sampai kitab besar seperti Jam’ul Jawami’, syarah Imam Mahalli fan fiqh, fathul Wahhab, tafsir Imam Baidhowi dan sebagainya.

Waktunya digunakan untuk mengajar sampai akhir hayatnya. Setiap bulan Romadhan beliau terbiasa mambaca tafsir Jalalain disamping membaca kitab yang lain yakni kitab Hadits, semisal Riyadhus Sholihin, Al-Adzkar An-Nawawiyyah, dan yang lain.

Pada waktu berumur enam puluhan beliau sangat suka membaca kitab-kitab Tashowwuf seperti Minhajul Abidin, Hikam, sejak itu beliau selalu mengajar kitab Ihya’ karanganImam Ghozali sampai akhir hayatnya.

Dari didikan ayahanda KH. Maimoen Zubair ini, lahirlah banyak alim ulama yang bertebaran di pulau Jawa. Di antara muridnya adalah:

KH. Muslih ibn Abdurrahman al-Maraqi (Mranggen), KH. Ustman al-Maraqi, KH. Muradi al-Maraqi, KH. Hisyam Cepu, KH. Sahal Jepara, KH. Ridwan Bangilan, KH. Jauhari Jember, KH. Bisyri al-Hafi Cepu, KH. Masyhudi Merakurak,  KH. Izzudin Cirebon. KH. Nashiruddin Cirebon, KH. Idris Marzuqi (pengasuh Pesantren Lirboyo), KH. Islahudin Dukuhseti,  KH. Muslim Mranggen,  KH. Dimyathi Rais Kendal. KH Zainuddin Jazuly,  KH. Nawawi Sidogiri, KH. Hasani Sidogiri.dll.

Beliau mengarang kitab diantaranya adalah:Manasik haji, Nadzom Risalah Samarqodhiyyah yang diberi nama Qola’id Lu’lu’iyyah fi Tahdibi Ma’nal Isti’aroh.

Melawan komunis

Pada 30 September 1965, pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) terjadi. Tidak hanya Ibu Kota, daerah-daerah pun dilanda situasi yang mencekam. Di beberapa provinsi, banyak tentara, kiai, dan santri yang dibunuh dengan kejam oleh gerombolan komunis.

Sebelum dihabisi, mereka bahkan disiksa dan dianiaya terlebih dahulu. Di Lubang Buaya, Jakarta, sejumlah jenderal Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengalami nasib nahas; mereka diculik lalu dieksekusi mati para pemberontak. Jenazah mereka dibuang begitu saja dalam sumur sempit.


Umat Islam tidak terima dengan kekejaman yang dilakukan PKI. Akhirnya, sebagian mereka melakukan tindakan memukul balik. Di antaranya bahkan memburu keberadaan para simpatisan PKI yang sudah berkhianat kepada Indonesia.

Dalam keadaan demikian, Kiai Zubair Dahlan di Rembang juga turut mengajak para aktivis Anshor dan Banser NU untuk membersihkan wilayah Sarang dari pengaruh PKI. Amirul Ulum dalam buku KH Zubair Dahlan: Kontribusi Kiai Sarang untuk Nusantara dan Dunia Islam, menjelaskan, ketika para pendukung PKI hendak dieksekusi mati di Sarang, Kiai Zubair Dahlan melarang keputusan tersebut.

Kiai Zubair mengusulkan agar mereka yang tertangkap cukup dipenjara saja. Jika masa penahanannya sudah selesai, mereka kemudian bisa dibebaskan. Harapannya, ada perasaan insaf yang tulus dari dalam diri mereka dan keturunannya agar tidak lagi mengikuti jejak komunis, seperti memusuhi kiai dan pesantren. KH Zubair juga berharap mereka bisa memeluk dan mengamalkan Islam secara benar.

KH. Zubair Dahlan berbudi pekerti yang sempurna, mempunyai kepribadian yang mulia. Berpostur tubuh kurus, tidak tergolong jangkung. Berkulit sawo matang, berjenggot tipis. Berambut hitam, mulut dan dada yang luas. Tajam penglihatannya, berwibawa. Sangat cinta pada ahli ilmu, dan memulyakan mereka. Selalu berpegang teguh pada sunnatullah, dan jejak para ‘ulama salaf. Sangat menghindar dari bid’ah, tidak takut akan cercaan dan celaan.


Beliau pernah berkata saat dekat dengan ajalnya “saya ingin tergolong orang yang beruntung di dunia dan akhirat, ingat manusia yang paling beruntung adalah seorang yang rizkinya mampu mencukupi anak-anaknya ketika meninggal, tergolong orang yang beriman, terus masuk surga.”

Kiai Zubair juga merupakan bagian terpenting dari para kiai NU, khususnya wilayah Rembang dan Jawa Tengah. Beliau senantiasa setia dengan bangsanya. Menurut Ulum, sang kiai senantiasa menanamkan rasa cinta Tanah Air kepada keluarga dan murid-muridnya. Semangat “Hubbul wathan minal iman” tersebut kemudian diwarisi oleh putranya, KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen. 

Sebagai tokoh masyarakat, ia selalu hidup bersahaja. Pada 1969, memasuki bulan Syaban, Kiai Zubair masih bisa memimpin pembacaan kitab Ihya’ Ulumuddin juz empat. Beberapa waktu kemudian, bulan suci Ramadhan pun tiba. Ia meneruskan tradisi membaca kitab-kitab yang sudah menjadi kebiasaannya, seperti tafsir Alquran Al-Jalalain.

Tiba-tiba, ia sempat terserang sakit demam pada bulan tersebut. Lama kelamaan, penyakitnya kian parah hingga ajal pun menjemputnya. Kiai Zubair berpulang ke rahmatullah pada malam Selasa usai shalat maghrib tanggal 15 Ramadhan 1389 H.(Aji S)

Tidak ada komentar: