Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

PCNU Purbalingga Gelar Peringatan SeAbad NU


Suarabamega25.com, Purbalingga -Peringatan jelang Satu Abad Hari Lahir Nahdlatul Ulama (NU),  Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Purbalingga berencana menyajikan 1800 tumpeng dan 54 gunungan hasil bumi masyarakat kabupaten Purbalingga. Tehniknya, masing-masing Majlis Wakil Cabang (MWC) NU dari 18 Kecamatan mengirim 100 tumpeng dan 3 gunungan.

“Seluruh MWC NU mengirimkan 100 tumpeng dan 3 gunungan. Kami memaknai bahwa 100 tumpeng itu sama dengan 100 tahun usia NU. Para peserta dan masyarakat akan menikmati tumpeng dan memperebutkan gunungan di alun-alun,” ungkap Ketua panitia Peringatan Satu Abad NU tingkat Kabupaten Purbalingga, Tofik Hasbulloh.

Penyelenggaraan Satu Abad NU tingkat Kabupaten Purbalingga direncanakan berlangsung pada hari Minggu tanggal 5 February 2023 di pusatkan di Alun-alun Kabupaten Purbalingga.

Taufiq Hasbulloh menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya pepertama berupa pelatihan Nadzir dan dan peluncuran program wakaf tunai, Sabtu (28/1/023).

Menurutnya, sebagai pembuka kegiatan peringatan satu abad NU di kabupaten Purbalingga diawali dengan pelatihan Nadzir dan  launching program wakaf. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari program PBNU.

“Pesertanya sebanyak 200 orang dari perwakilan PCNU Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Banyumas dan Cilacap,” terangnya.

Ia menambahkan, pelatihan Nadzir ini bertujuan meningkatkan kapasitas dan kompetensi Nadzir.

Harapannya setelah mengikuti pelatihan, para Nadzir mampu  menangani dan mengelola permasalahan perwaqafan.

“Para Nadzir selama ini sudah terlatih. Namun, kita perlu menyelenggarakan pelatihan ini. Kita tingkatkan pengetahuan dan rasa percaya diri dalam menangani permasalah Wakaq,” pungkasnya.(Angga)

Kemudian pada Minggu (5/1/2023)  akan dilaksanakan dua kegiatan, yaitu ziarah makam tokoh NU Purbalingga Alm. Mbah Hisyam Abdul Karim di Desa Kalijaran, Kecamatan Karanganyar, dilanjutkan Festival Tradisi Islam Nusantara.

“Ajang ini berupa karnaval budaya, parade Sholawat Nariah oleh 5.000 anak PAUD/RA, parade 1.000 Penabuh Rebana serta Festival 100 tumpeng dan gunungan,” jelasnya.

Acara ini akan dimeriahkan juga dengan penampilan Grup Hadroh, Sidaul Qulub dari Kec Kejobong Kan Purbalingga-Jawa Tengah.

“Nantinya, mereka akan berparade  mulai 07.00-1130  dari GOR Goentoer Darjono menuju alun-alun Purbalingga”katanya.(Aji S)

 

 

Tidak ada komentar: