Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Konser Kangen Lagu Banjar Baras Kuning


 Suarabamega25.com, Banjarmasin  -  Pertama di Kalsel, Lagu Banjar dipromosikan dalam semangat gotong royong, demi eksistensi para seniman serta apresiasi pada lagu kebanggaan Banua.

Saatnya Lagu Banjar Pilihan Utama dan Menjadi Tuan Rumah di negeri sendiri.

DPD PAPPRI Kalsel & Sukhrowardi mempersembahkan Konser Kangen Lagu Banjar "Baras Kuning" dengan Mempersembahkan DUO DA - Dino & Asa bersama 50 musisi artis penyanyi Kalsel yang digelar Sabtu, 20 Mei 2023,

 di Auditorium RRI Banjarmasin.

Konser Live RRI Net pukul 20.00 wita dihadiri Pejabat dan Kepala Daerah serta Pengusaha Terkemuka Kalsel.

Rune Adalah komunitas pendorong peradaban Kalsel yang didirikan 10 Tokoh Pemuda Pemudi Banjar lintas profesi yang telah  berkiprah secara konsisten di kancah Daerah, Nasional dan Internasional selama 2 dekade. 

Nama Rune terinspirasi literasi hiliograph  khas Kalimantan yang konon dipercaya menjadi pencatat rekam jejak peradaban banua berbasis kode, simbol dan gambar yang  mudah dipahami pada zamannya sebelum mengenal tulisan.

Hal ini menunjukkan bahwa Komunikasi bukan hanya dapat dilakukan secara verbal, namun juga melalui bahasa visual sebagai pendekatan humanis, kendati kepada orang yang tidak berilmu sekalipun. 

Berdasarkan inspirasi itu, Rune membagi 4 fokus kajian visi misi dalam pembentukan peradaban Kalsel masa depan yaitu :

*RELIABILITY - Keandalan dan dapat diandalkan, yaitu target  pembangunan SDM Kalsel yang berkarakter, visioner, jujur, kreatif, inovatif, inisiatif, kontributif dan penuh dedikasi, merupakan karakter unggul Urang Kalsel andal masa depan 

*UNITY - Persatuan dan Kesatuan,  mengembalikan karakter asli Banua bahwa Masyarakat Kalsel adalah etnis yang sangat menjunjung tinggi persatuan dalam bermasyarakat.  

*NATURE - Peduli Kepada Alam,  Mengaktifkan kekayaan sumber daya alam yang ada di Kalsel, selain potensi tambang, juga memiliki hutan dan area hijau sebagai bagian dari solusi ekonomi hijau yang sangat diperlukan dunia global. 

*EQUALITY - Kesetaraan,  Mendorong terciptanya kesetaraan kesempatan kepada seluruh Masyarakat Kalsel dalam berusaha, berkarya dan meraih prestasi tanpa memandang kasta,  keturunan ataupun kekayaan, dimana yang kuat membantu yang lemah, begitu juga sebaliknya yang lemah mendukung yang kuat, agar terjadi solidaritas kebersamaan

*Tujuan Rune : Terciptanya Harmonisasi Keamanan, Ketentraman dan Kesejahteraan Kalsel untuk Indonesia dan Dunia. 

10 tokoh tersebut adalah :

1. Sukhrowardi (Politisi)

2. Fahrian Noor (Akademisi)

3. Khairiadi Asa (Budayawan)

4. Sri Naida (Aktifis perempuan)

5. Iqbal Firdaus (Akademis)

6. Dino Sirajuddin (Budayawan)

7. Rofi Zardaida (Wirausaha, Jurnalis &  TV Personality)

8.Sunarti (Jurnalis)

9. Ichal iloenx (Creative Designer & Branding)

10. Peter Lantu (Seniman)

Rune sebagai jembatan silaturahim pemegang estafet karya dan gagasan Tokoh Banua masa lalu diterjemahkan secara lugas dan gamblang menjadi landasan perubahan masa depan. 

Kegiatan Rune mencakup media campaign, branding, konferensi, sinema, konser musik hingga forum ekonomi dan bisnis.

Yang sudah dilakukan adalah :

1. Rubrik Al Banjari setiap rabu di Kalimantan Post.

2. Diskusi & Audiensi membangun keselarasan & kordinasi pembangunan dengan para Kepala Daerah.

3. Festival Kuliner Ramadhan dengan Kader Penggerak NU.

4. Bagi Takjil dan sembako Ramadhan

Kemudian :

*19 Mei 2023* Diskusi Kesiapan Media Kalsel Jelang IKN di Kalimantan Post.

*20 Mei 2023* Konser Kangen Lagu Banjar bertema "Baras Kuning" disiarkan live oleh jaringan RRI Live dan You Tube, sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional dengan dukungan PAPPRI dan 1000 seniman Kalsel.

*23 Mei 2023* - Istighosah Banua dan Haul Akbar 26 tahun Jum'at Kelabu di halaman Junjung Buih Plaza, bekerjasama dengan Nahdlatul Ulama Kalsel, sebagai renungan pentingnya perdamaian dan persatuan jelang pesta demokrasi 2024.

NARASI LAGU

1. KITA BADINGSANAKAN by Dino Sirajudin.

Lagu ini mengispirasi agar kita memandang setara dengan dangsanak kita barataan, jangan lagi bacakut papadaan, sebab dunia hanya hidup sementara. Supaya hidup

babarakat, membawa berkah.

2. BARAS KUNING by Dino Sirajudin.

Mengisahkan hati rindu seorang istri yang dandaman dan mendo'akan suami yang pergi jauh, agar cepat pulang dan saking bahagianya bermimpi mahambur baras

kuning, walau tak berniat menghambur-hamburkan. Makna baras kuning adalah kemakmuran hidup, cukup sandang pangan.

3. JAMBATAN BARITO, By Khairiadi Asa.

Melukiskan panorama Pulau Bakut dengan Sungai Barito, termasuk satwa fauna. Bila sungai barasih atau tanpa polutan maka akan bermanfaat sebab banyak ikannya, para paunjunan Makmur. Alamnya indah, duitnya banyak.

4. BULAN RAMADHAN, By Dino Sirajudin.

Tentang kekaguman terhadap bukti berkah pada bulan Ramadhan, dengan niat Lillahita' ala, dampaknya menyembuhkan penyakit dan melawan hawa nafsu. Puasa Ramadan membawa berkah.

5. BAKUL PURUN, By Khairiadi Asa.

Lagu ini mendukung gerakan anti plastik, dan mengajak mencintai purun dan melestarikan serta meningkatkan ekonomi bagi pengrajin, berharap purun go Nasional dan Internasional.

6. BARAMO SA GALAM

by Khairiadi Asa.

Kita bernostalgia dengan Adat urang bahari untuk bergotong royong memotong dan menanam kembali tanaman Kampung. Jangan sampai ditinggalkan untuk aruh ganal atau

adat urang bahari yang melestarikan alam.

7. AMPAT LIMA- tidak ada

8. Sungai martapura -tidak ada

9. BAKANTAN PUHUN RAMBAI by Khairiadi Asa.

Bekantan adalah hewan yang dilindungi dan tanaman rambai yang ada di pinggir sungai, merupakan jenis pohon tanaman akar nafas, yang berada di pinggir sungai, sehingga perlu jadi kebijakan untuk ditanam masif di pinggir sungai.

10.PASAR TERAPUNG by Khairiadi Asa.

Siapa tak kenal pasar terapung, meski jenis jukung atau kelotok berbeda, tapi

floating market terkenal di Negara ASEAN. We will go international with this sexy issue. Banua sangat bangga dengan pasar terapung ini, sehingga tugas generasi muda menjaga sungai agar tetap bersih dan sungai jadi jalan transportasi sebagai urat nadi kehidupan.

11. DI PENGANTENAN By Khairiadi Asa.

Adat bapangantenan ini sangat panjang dengan selaksa keindahan dan hikmat untuk silaturahmi dan pertemuan antar keluarga, kolega, persahabatan, dan bahkan ada alasan

untuk pulang, membalas rindu dendam kisah-kisah keluarga.

12.WADAI 41 By Dino Sirajudin.

Masakan dan makan-minum urang Banjar telah terkenang seantero ahli kuliner dan pencecapnya. Wadai 41 jadi unggulan, siapa yang termehek-mehek dengan wadai ikat amparan tatak, apam, cincin, atau sekedar wadai kelalapon, dan masih puluhan lagi jenisnya. 

13.GALUH NANG BATANGGUI by Khairiadi Asa.

Kisah Galuh yang bajualan di pasar terapung dengan memakai tanggui atau penutup kepala berbentuk bulat dari daun nipah dan bambu. Umai bungasnya, sunblock alami dari atas kepala, apalagi pada musim panas manggantang ini. Tanggui ini masih dipelihara sampai sekarang.

Catatan Google  :

Zat dan bahan berbahaya penyebab polusi disebut dengan pencemar atau polutan. Jadi, pencemar dan polutan adalah hal yang sama, sedangkan polusi adalah masuknya polutan ke lingkungan.  (8 Jan 2021)

Tidak ada komentar: