Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Peduli dan Perhatian Keperluan Lansia Sebagai Bakti Untuk Mereka Yang Berjasa


Suarabamega25.com, Banjarmasin  -  Lansia Terawat Indonesia Bermartabat merupakan tema dari Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 29 Mei 2023. Menurut Dr H Jarkawi MMPd, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Forum Silaturahmi Doktor Indonesia (Forsiladi) Kalimantan Selatan, sebagai Warga Indonesia yang bermartabat, tentunya Lansia tersebut harus dirawat dengan mengkhususkan pada rohaninya. Karena kata Jarkawi, kalau dari kecil sampai usia produktif itu fisik dan rohani yang berimbang. Tapi kalau usia tua, justru yang perlu kita rawat ketenangan dan kebahagiaan dia (lansia tersebut).

"Kebahagiaan itu tentu berkaitan dengan jiwa. Pisiknya perlu dijaga. Makannya tidak terlalu banyak seperti yang muda. Mungkin makannya terbatas. Tidurnya agak kurang," ungkap Jarkawi, saat ditemui di Sekretariat Forsiladi Kalsel, Sabtu (27/5/2023) sore.

Ditegaskannya, kita merawat lansia, khususnya orangtua yang sudah berusia demikian, sebagai bakti kita berterimakasih atas pengorbanan yang dilakukan selama ini. 

"Para orangtua ini mengharapkan anaknya menghargai dengan mewujudkan nilai perhatian, termasuk mendengarkan nasehatnya dan menjalankan nasehat tersebut," Jarkawi menambahkan. 

Jarkawi mengingatkan, jika kita tidak memenuhi kebutuhan rohani lansia, khususnya orangtua kita yang berusia lanjut, malah akan menambah sakitnya. Berbagai nasehat dan pengalaman kehidupan orangtua kita yang telah berusia lanjut, juga harus kita pedomani dalam meniti kehidupan.

Beberapa pemandangan yang tidak mengenakkan disaat hari tua, termasuk hanya bisa berbaring di tempat tidur,  dirasakan Jarkawi, kalaupun lansia tersebut hanya bisa terbaring di tempat tidurnya, namun kerohaniannya tetap kuat, dan kebahagiaan masih tetap terpancar di wajahnya. Justru orangtualah yang mendo'akan juriatnya (keturunannya) dan sebagai orang yang beragama, tentunya sejatinya terus mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Dan inilah yang perlu diperkuat, karena kita akan berjumpa dengan Sang Pencipta.

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang ditetapkan setiap 29 Mei, dirasakan sebagai bentuk perhatian Pemerintah kepada masyarakat, yang sudah membuat surat keputusan.

"Artinya Pemerintah menjamin dalam artian memberikan perhatian terhadap Lanjut Usia dan mengajak kepada masyarakat untuk memperhatikan orang-orang usia lanjut," tegas Jarkawi.

Dia mengingatkan, agar terus memberikan kebahagiaan dan keramahan kepada lansia. Juga memberikan kesempatan pada lansia untuk duduk di tempat umum. Aspek-aspek kasih sayang pada Lansia ini diingatkan Jarkawi, untuk terus ditanamkan pada semua lapisan masyarakat, agar peduli terhadap lansia.

Tidak ada komentar: