Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Bea Cukai Kotabaru Berikan Penganugerahan Stakeholders dan Mitra Kerja Melalui Customs Award 2023


Suarabamega25.com - Bea Cukai Kotabaru gelar Penganugerahan Customs Awards 2023 kepada Stakeholders dan Mitra Kerja, Senin (26/6/23) di Hotel Grend Surya Kotabaru, Kalimantan Selatan

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan dan penampilan atraktif Tari Paris Barantai dari grup Cakep Tari membuat suasana menjadi tambah bersemangat, dilanjutkan performance yang memukau dari Bima Project Band.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Kotabaru (Muhamad Budy Hermanto mengatakan,"Customs Awards merupakan upaya Bea Cukai Kotabaru dalam memberikan apresiasi kepada para pengguna jasa dan stakeholder yang telah berkontribusi dalam penerimaan negara, penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, akuntabel, dan pelayanan publik yang prima, khususnya di bidang Kepabeanan dan Cukai. Sejalan dengan komitmen kami untuk tetap mempertahanan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi di lingkungan Kantor Bea Cukai Kotabaru, tentunya dengan dukungan dari seluruh stakeholder.

"5 (lima) kategori penghargaan yang diumumkan adalah sebagai berikut :

1. Perusahaan Penyumbang Bea Masuk Terbesar

2. Perusahaan Penyumbang Devisa Terbesar

3. PPJK Teraktif

4. Agen Pengangkut Terpatuh

5. Kategori Penyumbang Bea Keluar Terbesar


Adapun total realisasi penerimaan negara yang dihimpun Bea Cukai Kotabaru pada Tahun 2022 adalah sebesar 1,069 Triliun Rupiah, Bea Keluar (1.065 Triliun), Bea Masuk sebesar (4.25 Miliar), dan Denda Administrasi Pabean (180 juta).

Dari sisi pengawasan di tahun yang sama, Bea Cukai Kotabaru melakukan 52 kali penindakan barang kena Cukai ilegal dengan jumlah produk MMEA 70,12 liter dan untuk rokok ilegal sebanyak 364.348 batang dengan perkiraan kerugian negara lebih dari Rp 96.158.620,-

"Selain itu, Survei Kepuasan Pengguna Jasa tahun 2022, Bea Cukai Kotabaru memperoleh nilai 4,75 dari skala 5 dengan kategori sangat puas. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan apresiasi yang luar biasa dari seluruh pengguna jasa. Penilaian ini penting bagi kami sebagai evaluasi atas pelayanan yang telah kami berikan agar kami terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang semakin baik lagi kedepannya dan tentu masih ada banyak ruang untuk perbaikan.

Selanjutnya dapat kami sampaikan pula bahwa pada tahun 2022, Bea Cukai Kotabaru berhasil meraih prestasi Peringkat Pertama Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun 2022 kategori Pagu Sedang di Wilayah Kerja Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kotabaru.

"Capaian-capaian dan prestasi yang telah diraih selama tahun 2022 adalah bentuk kerjasama, sinergi, dan kontribusi semua pihak, tidak hanya dari instansi pemerintah khususnya dengan teman-teman Kementerian Keuangan (KPPN, KPP dan juga KP2KP) tetapi juga peran serta dunia usaha. Sebagai wujud kami untuk terus berupaya memberikan pelayanan yang semakin baik, kami bea cukai Kotabaru menyediakan inovasi pelayanan yaitu Aplikasi Siring (Sistem Informasi Perizinan Daring), yang didalamnya tersedia berbagai macam layanan antara lain Pelayanan Izin Bongkar, Izin Muat, Izin Timbun, Pelayanan Redress Manifest dll.

Di Bidang Layanan Cukai, Bea Cukai Kotabaru melakukan berbagai kegiatan Sosialisasi Ketentuan Perundang-undangan di Bidang Cukai dan Gempur Rokok Ilegal kepada masyarakat antara lain Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal dan Pemusnahan Barang Hasil Penindakan.

"Bea Cukai Kotabaru juga melakukan kegiatan Pemberdayaan UMKM berorientasi Ekspor. Hal ini diwujudkan dengan aksi nyata melalui serangkaian kegiatan melalui Sosialisasi UMKM Week, layanan asistensi UMKM dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional yang berhasil membantu merealisasikan ekspor perdana Kain Tenun Pagatan, Tanah Bumbu ke Inggris.

Tidak ada komentar: