Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Berikan Edukasi, PT SILO Dampingi Warga Belajar Pertanian Hidroponik Ke Bogor


Suarabamega25.com – Sebagai wujud kepedulian yang ditunjukkan oleh PT Sebuku Iron Lateritic Ores (SILO) pada bulan Mei 2023 kemarin, perusahaan ini mengajak masyarakat yang terdiri dari Camat, para Kades, BPD, PKK dan tentunya juga perwakilan masyarakat Pulau Sebuku untuk belajar bagaimana cara sistem pertanian hidroponik dengan berkunjung ke pusat kebun organic dan hidroponik milik Mr. Tony di Mega Mendung Cipayung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Hal tersebut tentunya bukan hanya menginginkan masyarakat Pulau Sebuku dapat pengetahuan saja melainkan agar bisa diterapkan sehingga targetnya adalah peningkatan dari sector perekonomian masyarakat menjadi harapan besar.

Dikatakan oleh Sekretaris Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi), Akhmad Khusairin bahwa, rombongan studi banding disambung baik oleh tim Mr. Tony serta para petani yang mengelola kebun pertanian hidroponik selama bertahun-tahun.

“Kami juga membagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk memudahkan pengamatan dan diskusi di sepanjang kunjungan, yang pastinya kegiatan yang dilaksanakan tersebut sangat bermanfaat bagi kami yang ingin belajar sistem pertanian hidroponik,” katanya.


Dijelaskan olehnya, pihaknya diberikan penjelasan tentang prinsip-prinsip dasar pertanian organik dan hidroponik serta manfaat dan tantangan yang terkait dengan masing-masing sistem. Dalam bagian kebun organik, mereka diperlihatkanpenggunaan pupuk organik alami, kompos, dan bahan-bahan organik lainnya untuk menjaga kesuburan tanah. Pemilik pertanian juga menjelaskan pentingnya rotasi tanaman, pengendalian hama secara alami, dan upaya pengurangan limbah pertanian.

“Dari situ kami melihat berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang ditanam dengan metode organik dan diberikan kesempatan untuk mencoba panen beberapa tanaman. Kami juga melihat berbagai jenis tanaman yang tumbuh tanpa menggunakan tanah. Sistem hidroponik menggunakan larutan nutrisi yang diberikan langsung kepada tanaman melalui air, sehingga meningkatkan efisiensi penggunaan air dan nutr isi. Kami belajar tentang keuntungan penggunaan sistem hidroponik, seperti pertumbuhan tanaman yang lebih cepat dan pengendalian hama yang lebih baik,” jelasnya.

Prinsipnya, rombongan sangat berterimakasih kepada PT SILO yang telah membantu serta mendampingi hingga masyarakat mendapatkan edukasi tentang sistem pertanian hidroponik dan hal tersebut tentunya di apresiasi. “Terimakasih kepada PT SILO yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk bisa melaksanakan studi banding dan mendapatkan pengetahuan yang sangat baik,” ucapnya.

Dilain pihak, Direktur Utama PT SILO Effendy Tios, melalui Manager External, Rusyadi Kamrus mengatakan bahwa, pihaknya pasti akan mendukung upaya-upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), dalam rangka menuju arah perbaikan dan dengan membawa rombongan guna belajar sistem pertanian hidroponik diharapkan akan mendapatkan nilai positif untuk bisa dikembangkan ketika kembali ke kampung halaman.

“Saya mewakili jajaran management PT SILO tentu berharap apa yang sudah didapat bisa di terapkan di tengah-tengah masyarakat sehingga tujuannya untuk meningkatkan sumber pendapatan dari pertanian hidroponik yang dijalankan yang berimbas pada perekonomian warga,” tutur Rusyadi, Jumat (9/6/23) kemarin kepada Suara Bamega.com.

Yang terpenting adalah, katanya melanjutkan, masyarakat mendapatkan pengetahuan baru dan bisa belajar secara langsung kepada ahlinya sehingga nantinya bisa di tiru untuk kepentingan bersama.

“Mudah-mudahan kedepan penerapan sistem pertanian hidroponik dapat dilakukan dengan baik utamanya bagi masyarakat yang ada di Pulau Sebuku, dan kami pihak perusahaan akan mendukung usaha tersebut,” pungkasnya. (ril)



Tidak ada komentar: