Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Gelar Expo, Kemenkeu Satu Kalsel Dukung UMKM Tumbuh dan Berdaya


Suarabamega25.com, Banjarmasin  -   Harapan Perkembangan UMKM Lebih Maju Lagi, inilah yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten dan Kota di Kalimantan Selatan, termasuk di Kabupaten Tanah Laut.

Bupati Tanah Laut Drs H Sukamta mengatakan,  semua pihak punya komitmen untuk membantu UMKM dan Kementerain Keuangan sangat luar biasa. Hal yang mendesak untuk percepatan membangun yang kemaren sudah di ground breaking (peletakan batu pertama) oleh menteri Koperasi dan UKM RI adalah Pabrik Minyak Makan Merah. 

"Saya kira ini nanti dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) untuk bisa segera merealisasikan. Karena kita ingin membangun 40 ton perhari dan ini insyalaah akan membuat stabilitas ketersediaan minyak goreng di Kalsel," ungkap Bupati Tanah Laut Sukamta, usai menghadiri acara   Pembukaan Expo UMKM Kemenkeu Satu Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Selasa (20/6/2023) siang.

Kata Sukamta, ini akan membuka lapangan kerja yang luar biasa dan itu bagian dari turunan dari Kelapa Sawit dan sangat penting.

Sebelumnya, dalam kata sambutannya di Panggung Kegiatan, Sukamta menyatakan, usaha hilirisasi industri terutama produk kelapa sawit, yang merupakan salah satu hasil perkebunan utama di wilayah Kabupaten Tanah Laut dengan luas area tanaman tahun 2022 sebanyak 12.622 hektar.

Sedangkan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus mendorong pertumbuhan sektor produksi pertanian dan industri, sehingga bisa menyerap lebih banyak tenaga kerja di sektor formal dan meningkatkan akses umkm terhadap kredit usaha yang diberikan oleh bank. Transformasi struktur ekonomi melalui hilirisasi industri dari bahan mentah / setengah jadi ke bahan jadi dan pengembangan sektor pertanian, pariwisata dan UMKM telah diintegrasikan ke setiap program dan kegiatan.

Dikatakan, Presiden RI Joko Widodo melalui Kementerian Keuangan telah bergerak luar biasa dalam pengertian berjuangmmenggelorakan rakyat khususnya ikut mengangkat ke permukaan yang namanya  UMKM. 

"Dan kita tahu yang namanya UMKM  dalam krisis Nasional dan bahkan Global banyak bertumpu mengandalkan UMKM," tegas Gubernur Sahbirin Noor. 

Gubernur juga mencontohkan pelaku UMKM paling kecil seperti Penjual Pisang Goreng, yang menyebutkan UMKM paling tingkat terbawah dasar menjadi pertahanan sendiri dalam menghadapi krisis global yang sampai saat ini masih dirasakan, termasuk akibat dari peperangan Rusia dan Ukraina. Ditegaskan, Pemprov Kalsel berupaya mentransformasi Sumber Daya Alam tak terbarukan ke Sumber Daya Alam terbarukan, termasuk UMKM, dan terus didorong. IKN yang sebentar lagi berada di Bumi Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Timur dan Kalsel kebagian Pintu Gerbangnya, yang bertagline Kalsel Babussalam, Kalsel Pintu Keselamatan.

Perwakilan Kementerian Keuangan Satu Kalimantan Selatan (Kemenkeu Satu Kalsel)  berkolaborasi dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) melaksanakan seremoni pembukaan sebagai rangkaian kegiatan sinergi pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berjudul Expo UMKM Kemenkeu Satu Kalimantan Selatan. Perwakilan Kemenkeu Satu Kalsel terdiri dari Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Selatan dan Tengah, Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Selatan, Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalsel, dan Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Selatan dan Tengah. 

Bertempat di Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Selatan, Kota

Banjarmasin, berlangsung selama tiga hari, rangkaian kegiatan expo UMKM tersebut meliputi talkshow UMKM go global go digital talkshow optimalisasi BMN dan pemberda yaan UMKM dalam mendukung perekonomian masyarakat, lelang amal, Kemenkeu berbagi, Kemenkeu Got Talent, dan jalan sehat. Selain itu, quna mengenalkan manfaat dan kebaikan sawit kepada masyarakat, digelar pula talkshow beasiswa SDM sawit mendukung generasi muda menuju Indonesia maju, sosialisasi nutrisi minyak makan merah, demo dan lomba masak dengan minyak makan merah, tour perkebunan sawit, serta dongeng anak dan sawit meliputi story telling, lomba menggambar, dan mewarnai.

Tidak ada komentar: