Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Pelihara Sungai Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik


Suarabamega25.com, Banjarmasin  -  Kota Banjarmasin dengan julukan Kota Seribu Sungai, dan Provinsi Kalimantan Selatan dengan julukan Beribu Sungai, menjadi aset dalam kehidupan masyarakat di daerah ini.

Dalam pesannya pada kegiatan Kementerian Keuangan Satu Kalimantan Selatan di Banjarmasin pekan lalu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menyebutkan, sungai ibarat Ibu Pertiwi yang harus dijaga dengan baik.

"Tapi ada mindset atau makna lain yang ingin kita luncurkan, bahwa kenapa jadi Beribu Sungai Banua? Karena sungai itu bagaikan Ibu Pertiwi. Kita umpamakan sebagai Ibu Pertiwi. Kalau Ibu Pertiwi ini kita pelihara, kita jaga, pasti akan baik," pesan Gubernur.

Gubernur juga mengingatkan, agar memelihara sungai, supaya tidak banjir.

"Tapi kalau Sungai tidak kita pelihara. Tidak kita keruk, endapan selalu saja terjadi. Itu sudah terbukti, Ibu Pertiwi bisa menangis. Sungai bisa meluap. Air meluap, akibatnya banjir. Karena kita kurang memelihara yang namanya sungai," tegas Sahbirin mengingatkan.

Ada beberapa cara melestarikan sungai, seperti dengan melestarikan hutan di hulu Sungai, tidak buang air besar sembarang (BAB) di sungai atau kali, tidak membuang sampah ke sungai, menata agar tidak banyak bangunan yang berdiri di dekat sungai, dan tidak membuang limbah rumah tangga ke sungai.

Tidak ada komentar: