Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Pemilu 2024, Dominasi Generasi Muda


Suarabamega25.com - Data Pemilih yang disampaikan KPU Provinsi Kalimantan Selatan, terutama menyangkut pembagian pemilih berdasarkan generasi atau tahun lahir, sangat menarik dibaca dan dicermati. Sebab, dapat diolah kembali menjadi bahan yang sangat penting dalam menentukan strategi kampanye, dan bahkan pemetaan kantong-kantong suara berdasarkan isu, sehingga menjadi perhatian pada kelompok pemilih dimaksud. 

Tersurat dalam data tersebut, generasi milenial yang lahir antara tahun 1981 sd 1996 jumlahnya paling besar yaitu 34,85%. Belum lagi kalau ditambah generasi Gen Z yang lahir setelahnya, yaitu 1997 lebih, jumlahnya 23,53%. Total pemilih dari kedua generasi tersebut menjadi 58,38%.

Angka ini boleh dibilang mendominasi dari total pemilih keseluruhan, memberi gambaran bahwa kita semakin mendekati puncak dari bonus demografi, dimana generasi muda lebih banyak dari generasi tua, dan memberi pengaruh dalam semua aspek kehidupan.   

Apalagi kalau pilihan, perhatian dan gaya hidup dari kedua generasi tersebut, juga menginspirasi generasi di atasnya, pasti dampaknya akan lebih besar. 

Sangat menarik sebagai bahan diskusi, terutama menyangkut soal-soal dan isu apa yang paling menjadi perhatian dua generasi tersebut, yang dapat dikemas oleh Parpol dan Para caleg, sehingga mereka bersimpatik? 

Tentu bukan hanya semata “kemasan”, namun sungguh-sungguh tertuang dalam visi, Misi, isu strategis, dan program strategis, agar generasi tersebut terwadahi dalam isu-isu politik. 

Boleh jadi isu utamanya adalah “lapangan pekerjaan”. Siapa yang bisa mewujudkan lapangan pekerjaan seluas-luasnya, dan memberi harapan bagi masa depan, pasti akan diminati.

Hanya saja, yang tidak mudah dijawab, bentuk lapangan pekerjaan seperti apa yang dapat mewadahi generasi ini? apalagi bila dihubungkan dengan kemajuan teknologi, krisis sumber daya alam dan perubahan iklim, arus demografi dan persaingan yang semakin terbuka, serta krisis ekonomi yang menghambat pertumbuhan.  

Pasti tidak mudah merumuskannya, perlu diskusi panjang dengan melibatkan generasi dimaksud, agar partisipatif dan menjawab persoalan. 

Tidak ada komentar: