Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan


Manfaat telur bebek dapat membantu meningkatkan fungsi otak, menjaga kesehatan mata, meningkatkan jumlah sel darah merah, hingga menunjang kesehatan kulit.

Manfaat telur bebek untuk kesehatan tubuh

Manfaat telur bebek untuk kesehatan dipercaya dapat menjaga kesehatan mata

Kandungan gizi telur bebek

Manfaat telur bebek untuk kesehatan

Efek samping konsumsi telur bebek

Selain telur ayam, telur bebek juga digemari banyak orang. Pada umumnya, warna telur bebek adalah biru pucat, kehijauan, atau putih; dengan bagian kuning telurnya yang besar dan berwarna keemasan. Di samping itu, tahukah kamu kalau ada manfaat telur bebek untuk kesehatan?

Telur bebek cenderung lebih bergizi daripada telur ayam karena ukurannya hampir 50 persen lebih besar. Sebagai perbandingan, telur ayam besar rata-rata memiliki berat sekitar 50 gram, sedangkan telur bebek sekitar 70 gram.

Kandungan gizi telur bebek

Telur bebek menyediakan banyak nutrisi, termasuk protein, vitamin, mineral, dan lemak baik. Berikut adalah kandungan telur bebek mentah dengan berat 70 gram.

130 kalori

8,96 gram (g) protein

9,66 g lemak

619 miligram (mg) kolesterol

1,02 g karbohidrat

44,8 mg kalsium

11,9 mg magnesium

154 mg fosfor

155 mg kalium

102 mg natrium

2,7 mg zat besi

25,5 mikrogram (mcg) selenium

0,99 mg zinc

0,109 mg tiamin

0,283 mg riboflavin

0,14 mg niasin

1,3 mg asam pantotenat

0,175 mg vitamin B6

56 mcg folat

3,78 mcg vitamin B12

184 mg kolin

472 satuan internasional (SI) vitamin A

321 mcg lutein dan zeaxanthin

48,3 SI vitamin D

0,94 mg vitamin E

0,28 mcg vitamin K.

Telur bebek adalah sumber nutrisi yang sangat baik. Kuning telurnya mengandung lebih banyak antioksidan, asam lemak omega 3, dan vitamin A dibandingkan telur ayam.

Manfaat telur bebek untuk kesehatan

Dengan kandungan nutrisinya yang melimpah, berikut adalah beberapa khasiat telur bebek untuk kesehatan.

1. Meningkatkan fungsi otak

Telur bebek dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Di dalamnya terkandung asam lemak esensial, vitamin, dan antioksidan yang melindungi sel-sel otak dan meningkatkan fungsinya.

Telur bebek juga mengandung kolin dan lesitin yang penting untuk menjaga membran sel yang sehat di otak, serta pembentukan neurotransmitter (zat kimia pembawa pesan dalam tubuh).

Manfaat telur bebek ini didukung oleh penelitian yang melibatkan sekitar 2.200 orang dewasa dalam The British Journal of Nutrition. 

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa kadar kolin yang lebih tinggi dalam darah dikaitkan dengan fungsi otak yang lebih baik.

Selain itu, kandungan kolin pada telur bebek juga dianggap membantu sel-sel saraf untuk bekerja lebih efektif.

2. Menjaga kesehatan tulang dan otot

menjaga kesehatan tulang dan otot

Nutrisi dalam telur bebek dinilai bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan otot

Sistem muskuloskeletal terdiri dari tulang, otot, tendon, ligamen, dan jaringan lunak lainnya. Sistem ini memberikan bentuk, dukungan, dan fungsi pada tubuh.

Nah, telur bebek mengandung nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan otot, seperti protein, vitamin D, vitamin K, kalsium, magnesium, dan fosfor.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Salah satu khasiat telur bebek adalah meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Sebab, di dalamnya terkandung antioksidan, lemak baik, dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk aliran darah yang sehat dan kesehatan jantung.

Telur bebek juga dipercaya membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) yang berperan dalam mencegah penyakit jantung.

Menurut penelitian, asam oleat yang dimiliki telur bebek diyakini dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat. 

Namun, kamu tetap perlu membatasi konsumsinya karena kadar kolesterol telur bebek cukup tinggi.

4. Menjaga kesehatan kandungan

Telur bebek menjadi salah satu makanan yang bisa dikonsumsi saat hamil. Konsumsinya dinilai membantu mendukung perkembangan janin dalam kandungan.

Manfaat telur bebek untuk ibu hamil ini berasal dari asam dokosaheksaenoat, kolin, protein, dan folat yang terkandung di dalamnya.

Ini didukung oleh sebuah penelitian dalam jurnal Nutrients, yang menyebutkan bahwa kolin dapat mendukung perkembangan otak janin yang sehat.

Vitamin B6 dalam telur bebek juga bermanfaat dalam mengatasi morning sickness. Namun, pastikan telur yang dikonsumsi telah matang dengan sempurna.

5. Meningkatkan sel darah merah

Khasiat telur bebek dalam meningkatkan sel darah merah datang dari vitamin B12 yang diperlukan untuk membentuk hemoglobin dan sintesis DNA di dalam tubuh, yang juga menyehatkan sel darah tersebut.

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kamu mengalami gejala anemia, cepat pikun, memiliki keseimbangan tubuh yang buruk, serta sering kelelahan.

6. Menurunkan risiko penyakit kronis

Salah satu manfaat kuning telur bebek adalah menurunkan risiko penyakit kronis.

Warna kuning telur bebek berasal dari pigmen alami yang disebut karotenoid. Ini adalah senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel dan DNA dari kerusakan oksidatif.

Jika kerusakan sel terjadi, kondisi ini bisa menyebabkan penyakit kronis dan penyakit yang terkait dengan usia.

Karotenoid yang terkandung dalam kuning telur, seperti karoten, cryptoxanthin, zeaxanthin dan lutein, dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, katarak, degenerasi makula, serta beberapa jenis kanker.

7. Melindungi tubuh dari infeksi

Kandungan protein telur bebek adalah sekitar 9 gram per butirnya dan terdiri dari berbagai asam amino esensial yang menjadikannya sumber protein lengkap.

Bagian putih telur bebek bukan hanya tinggi protein, tetapi juga dapat melindungi tubuh dari infeksi. 

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian dalam jurnal Nutrients, yang mengidentifikasi banyaknya senyawa dalam putih telur yang memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur.

8. Menunjang kesehatan kulit

Khasiat telur bebek lainnya adalah menunjang kesehatan kulit dan rambut agar tetap sehat sekaligus berkilau. 

Khasiat ini berasal dari kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan di dalamnya.

Kamu bisa menggunakan putih telur bebek sebagai masker wajah untuk membuatnya lebih kencang dan cerah, atau masker rambut untuk membuatnya lebih kuat dan berkilau.

Kandungan vitamin B telur bebek juga dipercaya dapat mengurangi kerontokan rambut dan jerawat, melembapkan kulit, serta meningkatkan regenerasi sel kulit.

9. Memelihara kesehatan mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin pada telur bebek berperan dalam memelihara kesehatan mata dan mencegah penyakit mata tertentu.

Keduanya merupakan antioksidan yang membantu mencegah sel mata dari kerusakan oksidatif sehingga melindunginya dari berbagai penyakit, mulai dari katarak hingga degenerasi makula.

10. Menambah stamina

stamina bertambah

Mengonsumsi telur bebek diyakini dapat menambah stamina

Manfaat telur bebek untuk pria disebut-sebut dapat menambah stamina.Telur ini sering digunakan dalam minuman, seperti campuran susu, telur, madu, dan jahe (STMJ) hingga teh talua khas Sumatera Barat.

Karena kandungan vitaminnya yang masih terjaga, manfaat kuning telur bebek mentah juga dipercaya membantu pembentukan otot sehingga kerap dimanfaatkan oleh binaragawan.

Tidak ada komentar: