Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Kuliah Umum Membangun Kewirausahaan Di Era Artificial Intelligence Bagi Generasi Z


Suarabamega25.com, Banjarmasin -  Lebih dari 500 Mahasiswa dan Mahasiswi Prodi Administrasi Bisnis Fisip ULM, Mahasiswa diajak mandiri dan mencari sumber penghasilan sendiri untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Motivasi diberikan Direktur Utama PT Jamkrida Kalsel Dr. H.R. Suyanto, dalam Kuliah Umum yang digelar Rabu pagi (11/10/2023).

Kuliah Umum yang bertema Membangun Kewirausahaan Di Era Artificial Intelligence Bagi Generasi Z, yang dipusatkan di General Building Lecture Theater ULM Banjarmasin, dalam materinya, Suyanto menjabarkan jenis usaha apa saja yang berpotensi bagi para Generasi Z, dan jenis usaha apa saja yang bakal ditinggalkan di era kecanggihan tekhnologi digital saat ini.

“Harapannya setelah mengikuti Kuliah Umum ini, Rekan-rekan Mahasiswa lebih bergairah  berwirausaha dan lebih bisa Mandiri . Jadi Generasi Z ini tidak ada lagi Mahasiswa yang kurang uang, minta kiriman dari orang tua. Ini memudahkan Mahasiswa berwirausaha, walaupun statusnya masih kuliah. Selain itu Mahasiswa juga memahami dan belajar tentang Literasi dan Inklusi Keuangan terutama pengetahuan tentang manfaat hadirnya Jamkrida Kalsel bagi UMKM,” kata Suyanto yang dulunya pernah menjadi tukang Ojek dan penjual Sayur tersebut.

Dalam Kuliah Umum itu, Suyanto juga menyinggung contoh Koperasi Inti Rahn Nusantara ( INTIRA) yang menggunakan AI dalam menentukan titik lokasi Counter dan berkembang pesat hingga dalam waktu 3 bulan dapat mendirikan 20 counter layanan di Kalimantan.

Sehubungan hal ini, Fadhillah selaku GM Koperasi Inti Rahn Nusantara, di sela kegiatan Kuliah Umum tersebut menyatakan, pihaknya lebih banyak silaturahmi, lebih mengenal masyarakat dari dekat dan ingin menggandeng kampus-kampus terdekat menjadi rekan Intira dalam hal sebagai Anggota Intira, karena para lulusan tersebut nantinya mencari kerja, memahami perencanaan keuangan dan bisa lebih mengenal seperti apa prospek ke depanya.

"Produk-produk kami juga mencakup keseluruhan kebutuhan keuangan masyarakat, juga Mahasiswa yang memerlukan dana yang kami tawarkan adalah Gadai/ Rahn barang Elektronik maupun Kendaraan," ungkap Fadhillah.

“Untuk memberikan pengetahuan wawasan dari praktisi dalam hal ini Direktur Utama PT Jamkrida Kalsel harapan dari memberikan kuliah umum ini adalah kemampuan wirausaha membangun kompetensi wirausaha bagi mahasiswa yang didapat dari para praktisi, kuliah umum ini kerjasama dengan Jamkrida Kalsel dalam melakukan Literasi dan Inklusi Keuangan dan Prodi Administrasi Bisnis jadi akan kita sering lakukan kuliah umum ini,” tutur Dr. Maryono, Ketua Panitia Pelaksana.

“Diharapkan nanti dengan kuliah umum berkaitan dengan Kewirausahaan, semoga di generasi Z ini mahasiswa sekarang bisa terbangun pengetahuan dan wawasannya supaya nanti lahir entrepeneur yang Kreatif dan Agresif dengan memanfaatkan AI, yang paling penting juga entrepreneur yang beretika, sehingga mereka sekarang bisa sebagai entreprenur sambil kuliah sambil usaha,” ucap Hj. Nurul Wahyuni, Koordinator Prodi Administrasi Bisnis.

Tidak ada komentar: