Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Lembaga Pendidikan Non Formal Juga Diharapkan Perhatikan Pembentukan Mental Kepribadian



Suarabamega25.com, Banjarmasin  -  Pendidikan merupakan tanggungjawab dari Pemerintah, Orangtua dan Masyarakat. Sehingga kata Dr Drs H Jarkawi MMPd., adanya Lembaga Pendidikan Non Formal yang membuat program belajar di rumah siswa, sebagai bentuk tanggungjawab masyarakat dalam hal pendidikan.

Namun menurut Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Forum Silaturahmi Doktor Indonesia (Forsiladi) Provinsi Kalimantan Selatan ini, juga Lembaga tersebut agar memperhatikan orientasi tentang bagaimana mendidik, karena aspek mendidik akan membentuk karakter anak di masa depannya.

 "Jadi saya berpesan agar Lembaga tersebut dibekali dengan ilmu mendidiknya, dan ilmu psikologi mendidik yang beberapa materi berkaitan dengan ilmu mendidik," Jarkawi menambahkan.

Jarkawi yang juga Dosen Senior FKIP Uniska Banjarmasin mengatakan, anak-anak didik yang mentransfer pengetahuan, juga diperhatikan dalam pendidikan tersebut.

Menyinggung adanya pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) yang diberikan dalam layanan Pendidikan Non Formal tersebut, menurut Jarkawi, BTA merupakan asfek pengetahuannya. Namun yang juga harus diperhatikan bagaimana akhlak dalam membaca Al Qur'an hingga tertibnya dalam membaca Al Qur'an, yang hal ini merupakan proses mendidik.

"Mendidik merupakan pembentukan pada mental kepribadian yang membentuk rasa tanggungjawab, kedisiplinan, hingga rasa hormat yang memunculkan Akhlak Mulia," pesan Jarkawi.

Tidak ada komentar: