Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Mandiraja Berholawat dan Haul Habib Ali bin Muchsin Mulachela ke 38


Suarabamega25com, Banjarnegara - Haul Habib Ali bin Muchsin Mulachela Mandiraja, Banjarnegara ke 38 tahun ini digelar pada Hari Rabu,(29/11) di rumah kediaman alm yang terletak tak jauh dari selatan pasar Kecamatan Mandiraja, Kab Banjarnegara , Jawa Tengah.  berlangsung penuh hidmat dan meriah.

Acara haul yang digelar  untuk mengenang jejak tokoh  dan pejuang aswaja di Banjarnegara ini dimulai sejak bada Isya dengan membaca doa tahlil dan manakib oleh Habib Jakfar bin Ali Mulachelah.

Menurut Habib Jakfar, Habib Ali lahir di tahun 1909 M dan  telah berdakwah dari jaman sebelum.kemerdekaan. Bahkan dakwahnya tidak hanya di banjar saja tapi juga di Tegal dan Banyumas. Jejak dakwah di 

Sirau (Banyumas) masih terlihat dengan peninggalan masjid yang didirikannya dari masa penjajahan Jepang -hingga masa ketika berkecamuk pemberontakan G 30 S PKI.Habib Ali bin Muchsin kemudian pindah ke Mandiraja hingga akhir hayatnya.

Kini perjuangan dakwah alm diteruskan oleh Habib Jakfar bin Ali bin Muchsin Mulachela dengan jamaah manakib Nurul Iman yang rutin menggelar manakib dan taklim.

Ia tercatat hampir tidak pernah absen dalam kegiatan ke NU an dan Aswaja.  Habib Ali sebagai sosok yang membaur dan ramah. Ia juga sangat menghormati orang yang berilmu, baik dari kalangan ahlu bait maupun tidak. Habib Ali bin Muchsin dikenal sebagai pembimbing Thoriqah Naqsabandiyah di Mandiraja dan sekitarnya.

"Dalam rangka memeringati Haul ke 38 ini gelar untuk mengingat kembali sejarah dan sekaligus mendoakan para pendahulu termasuk tokoh-tokoh ahlusunnah wal Jamaah yang ada di Banjarnegara," kata Habib Jakfar Sodiq bin Ali bin Muchsin Mulachelah.

Acara Haul kemudian diisi sholawatan bareng Gus Zakki Mabrur , Ketua Zahir Mania Banjarnegara yang diiringi grup rebana Adzikya (Ponpes Al Fattah Banjarnegara).

Acara ini juga dihadiri Gus Wakhid Jumali (Ketua GP Ansor Banjarnegara) Habib Ali Zaenal Abidin Bin Jafar Al Mulachela, Gus Attabik Hasan Maruf dan ditutup dengan ceramah oleh Ustadz Ahmad Khan. ( Aji)

Tidak ada komentar: