Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Puncak Haul dan Maulud ditutup Dengan Ziarah Bersama


Suarabamega25.com, Solo - Jamaah Maulid Subuh  sudah berangkat sejak pukul 03.00 WIB agar dapat menghadiri Haul lebih pagi.

"Kemarin sudah ikut, terus hari ini ikut lagi. Kalau mau dapat depan itu berangkat jam 03.00 WIB, subuh bisa tapi harus nyelip-nyelip ke depan," kata salah satu janaah, Minggu (5/11/2023).

Hingga pukul 06.00 WIB, masih banyak jemaah berdatangan dan memilih untuk duduk di gang-gang kecil. Beberapa mobil pun memilih parkir di ruas jalan karena kantong parkir sudah penuh.

Acara puncak dari Haul digelar pada hari Ahad (5/11).  Seperti tahun sebelumnya bisa di atas ratusan ribu orang.

Ahad pagi selepas Subuh digelar Maulid.Acara yang dipimpin oleh Habib Hasan Anis bin Alwi bin Ali bin Muh Husein al Habsyi dilanjutkan  dibaca secara estafet oleh para habaib yang hadir. 

Habib Alwi bin Ali bin Alwi bin Ali bin Muh Husein al Habsyi (Habib Alwi Kuadrat) membacakan Qasidah Habib Ali bin Muh Husein al Habsyi di sela sela pembacaan Maulid dengan suara merdu.

Lepas sambutan dari Sohubul Bait, Habib Hasan Anis disambung ceramah oleh Habib Taufiq bin AbdulKadir Assegaf, Ketua DPP Rabithah Alawiyah yang  mengajak jamaah untuk berpegang teguh dalam tali thoriqoh alawiyah yang kokoh.

Habib Taufiq mengajak jamaah untuk mencintai Nabi Kuhammad SAW dan meneladani Habib Ali Muh Husein al Habsyi.

Lepas acara Maulid selesai,Habib Hasan Anis bin Alwi al Habsyi menutup dengan doa Maulid.

Haul ke-112 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi berlangsung sangat hidmat, semarak dan meriah.

Jamaah terus membludak, hilir mudik di barisan luar sekitar Ar Riyadh karena Puncak Haul Shohibul Maulud Simthud Durar ini diakhiri dengan ziarah ke makam auliya Solo di Qubah makam yakni makam Habib Alwi bin Ali, makam Habib Anis bin Alwi al Habsyi, makam Habib Ahmad bin Alwi dan Habib Ali bin Alwi bin Ali al Habsyi(ayah Habib Alwi Kuadrat). Doa ziarah dipimpin oleh.Habib Hasan Anis bin Alwi bin Ali bin Muh Husein al Habsyi dan Habib Soleh Al Hamid.

Seluruh rangkaian Haul Solo setelah ziarah kebanyakan sebagian jamaah sudah bersiap pulang. Dalam rangkaian Haul Solo ini,  para jemaah, dijamu dengan aneka makanan khas Timur Tengah oleh para panitia.

Maulid dan Haul ini memperingati wafatnya Habib Ali bin Muhammad Alhabsyi (kakek dari habib Muhammad Anis bin Alwi bin Ali bin Muhammad Alhabsyi). Habib Ali dimakamkan di Yaman. Tapi peringatan wafatnya dilakukan sejak zaman habib Muhammad Anis (cucu habib Ali). Kalau habib Muhammad Anis dimakamkan di pelataran masjid Riyadh Pasarkliwon.

 Demikian pula habib Alwi (ayah dari habib Muhammad Anis) dimakamkan bersebelahan dengan makam habib Muhammad Anis. Adapun habib Ali, dikenal dengan ciptaannya yaitu kitab Simtudh Dhiror, dimana kitab ini sering kita baca dalam acara sholawatan, yg isinya menceritakan sejarah kehidupan Muhammad Rasulullah SAW, dgn berbagai perilaku beliau yg menjadi teladan kita. Adapun peserta Haul di Solo ini dari berbagai wilayah di Indonesia, bahkan dari luar negeri, seperti negara tetangga (Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam) dan sering kedatangan pula tamu-tamu dari Yaman.

Habib Luthfy bin Hasyim bin Yahya , Presiden Sufi Se’dunia dari Pekalongan juga hadir di acara yang sangat penuh dengan pengunjung ini. Direncanakan selain hadir Haul wal Maulid di Gurawan, Habib Luthfy akan mengisi pengajian akbar malam ini yang  digelar di Ponpes Az-Zayadiyy Solo. Ponpes Az-Zayadiyy merupakan salah satu pesantren yang ada di Solo.

Ponpes ini diasuh oleh KH Abdul Karim yang selama ini dikenal sebagai guru ngaji Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pengajian Akbar ini digelar dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul KH Ahmad Zayadi Notokartono yang ke-23, Haul Ibu Hj Fatimah Notokartono yang ke-49 serta tasyakuran khitanan massal.

Pengajian akan dihadiri Maulana Al-Habib Luthfi bin Yahya. Al-Habib Ali Zainal Abidin bin Segaf Assegaf, Al-Habib Muhammad bin Husein Al-Habsyi,"pungkasnya.( Aji S)

Tidak ada komentar: