Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Sukses Seminar KPMI Korwil Banjarmasin Sukses Pengusaha Muslim Kembangkan Syariah


Suarabamega25.com, Banjarmasin  -  Solusi Investasi dan Pembiayaan Syariah di Koperasi Konsumen Syariah Ar Rahmah Banjarmasin, merupakan judul Paparan yang disampaikan Ketua Koperasi Sutjipto, Sabtu (11/11/2023) dalam kegiatan yang bertajuk Seminar KPMI Korwil Banjarmasin. The Next Level Pengusaha Muslim. Branding, Marketing, Selling.

Sutjipto mengatakan, keberadaan Koperasi Konsumen Syariah Ar Rahmah Kalimantan Selatan sudah memberikan solusi. Bagi yang memiliki dana, dapat melakukan investasi dalam bentuk simpanan. Sehingga Pihaknya kata Sutjipto, mempunyai dana investasi dan ini merupakan solusi untuk anggota yang juga dapat memanfaatkan pinjaman yang disediakan pihaknya.

"Dalam perjalanan kami mulai 2012 sampai 2022 pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) lebih besar dibandingkan berinvestasi deposito di Bank Konvensional," ujar Sutjipto.

Mendengar dan menyaksikan paparan tersebut, para peserta Seminar sangat antusias untuk dapat melakukan aktivitas yang bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Terbukti, ada pengusaha properti dari Palangkaraya Kalimantan Tengah yang ingin mewujudkan kerjasama dengan Koperasi Konsumen Syariah Ar Rahmah Kalimantan Selatan yang wilayah kerjanya sudah bertaraf Nasional, juga beberapa hal lainnya yang terlihat sangat antusias.

Dalam hal penanganan kerjasama tersebut, segera dibawa ke forum rapat dan jika mengizinkan, tinggal menambah Sumber Daya Manusia yang ada.

Sutjipto menegaskan, di Koperasi Konsumen Syariah Ar Rahmah Kalimantan Selatan, untuk

Pengawas, Pengurus dan Karyawan yang kompeten. Demikian juga, Laporan Keuangan Koperasi Konsumen Syariah Ar Rahmah Kalimantan Selatan dalam laporan empat tahun berturut-turut, dari tahun buku 2019 sampai tahun buku 2022 meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Sedangkan Aywan Nazhan selaku Kepala Unit Media Digital di KPMI Korwil Banjarmasin mengatakan, materi yang disampaikannya materi Digital Riset,  Kekuatan sebuah digital untuk meriset sebuah produk, yang meriset produk dari mana saja yang laku di pasaran, kemudian memanfaatkan media mana untuk memasarkan produk tersebut. Setelah kita tahu media mana, akhirnya kita bisa melakukan penjualan melalui media market place.

"Kita bisa usaha memulai dengan zero rice atau hampir minim modal sampai bisa sekelas distributor untuk mencari produk dengan kekuatan digital," ujar Aywan.

Konsepnya dengan memaksimalkan digital yang ada melalui Facebook, Instagram dan yang lainnya untuk jualan di Market Place atau melalui iklan-iklan yang lain.

Materi ini disampaikan karena semua ke arah Go Digital, yang membuat pribadi maupun perusahaan ke arah digital. Sangat disayangkan jika tidak memanfaatkan digital itu untuk menambah penghasilan kita atau mengscanup dari perusahaan kita. 

Respon peserta seperti bagaimana memaksimalkan Market Place yang diberikannya trik tersendiri dengan step-step yang harus dilewati.

Menyinggung sukses tersebut, Ketua Panitia Rizky Cipta mengatakan, karena dari Tim atau Pengurus yang ada kompak, yang tidak saja mengeluarkan ide, tetapi juga uang dan tenaga. Sedangkan persiapan min satu bulan, walaupun beberapa bulan sebelumnya dikonsep, tetapi baru terealisasi satu bulan sebelumnya. Untuk kesiapan pelaksanaan pengembangan kedepannya dengan melakukan diskusi bersama Pengurus Koperasi  terkait bagaimana Sistem Kolaborasinya agar sama-sama ada benefit atau manfaat. Belum terjun ke Syariah karena diakui masih belajar dan fokusnya di lain, tapi masih terus belajar. Generasi Muda agar bisa mencari circle positif, utamanya bisa bergabung dengan KPMI Korwil Banjarmasin. Bisa saling belajar sharing dan juga networking kepada sesama teman, dengan kunci Networking.

Tidak ada komentar: