Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Pemanfaatan Limbah Pasar Sebagai Pakan Ternak


Suarabamega25.com - Produktivitas ternak sangat dipengaruhi oleh ketersediaan pakan, baik secara kualitas maupun kuantitas. Lahan padang rumput diperkotaan banyak dikonversi untuk perumahan, sehingga perlu dicarikan alternatif pengganti hijauan salah satu alternatif tersebut adalah limbah sayuran yangsangat banyak tersedia di pasar.


Ada beberapa jenis limbah sayuran pasar dapat digunakan sebagai pakan ternak ruminansia diantaranya adalah bayam, kangkung, kubis, kecamba kacang hijau,daun kembang kol, kulit jagung, klobot jagung dan daun singkong. Limbah sayuran pasar yang dominan ada di pasar antara lain kol, caisim, daun kembang kol, kulit toge, serta sawi putih. Sedangkan kulit jagung sudah banyak dipergunakan sebagai pakan langsung (tanpa proses pengolahan) oleh beberapa peternak kambing maupun sapi.



Terkadang hal yang sering dihadapi oleh para peternak ayam kampung adalah membengkaknya biaya dibagian pakan ternak, jika mereka ingin mendapatkan untung yang besar tentunya mereka harus bisa kreatif bagaimana caranya agar ternak ayam kampung mereka tetap tumbuh cepat besar namun meminimkan harga pembelian pakan.


Selain dari pakan bekas limbah seperti sisa nasi yang didapatkan warung-warung terdekat kita atau sisa nasi rumah kita sendiri yang tidak habis, tentu kita juga harus bisa mengolah pakan alternative lainnya.

Dengan menggunakan pakan ternak ayam alternatif yang mudah, murah dan simple membuatnya, yaitu dengan bahan utamanya adalah bekatul atau dedak padi dengan kondisi tidak kasar dan tidak terlalu halus yang dicampur dengan rebusan sayuran, untuk sayurannya bisa menggunakan rebusan sayuran kol tau kubis.


Ini sangat simple sekali langsung saja sayurannya dicampurkan ke bekatul kemudian disiram dengan air tidak perlu dicampur air panas namun langsung menggunakan air dari kran, apakah hanya dengan pakan seperti ini saja ayam bisa tumbuh besar dan sehat, pada kenyataanya ada yang mempraktekkkan sistem pola pakan seperti ini dan ayam ternaknya masih tetap sehat dan besar.


Apakah sayuran lainnya juga bisa? Tentu saja bisa, kita bisa mengganti sayuran lainnya seperti kangkung yang bisa kita dapatkan di sawah atau kita beli dipasar dengan harga yang murah lalu kita potong-potong kecil atau bisa juga dengan direbus agar sedikit lembut.

Tidak ada komentar: