Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Peringatan Haul ke-85 K.H. M. Munawwir bin Abdullah Rosyad ke 85 Berlangsung Semarak


Suarabamega25.com, Jogja - Sesuai dengan agenda tahunan Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta, Haul KH. Muhammad Munawwir bin Abdullah Rosyad  diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 23 Desember 2023.

Perayaan Haul ke-85 tahun ini  disemarakkan dengan beberapa rangkaian kegiatan yang  berlangsung mulai dari tanggal 16 Desember 2023. Kegiatan dimulai dengan donor darah yang bertempat di Aula G PP Al-Munawwir pada hari Sabtu, 16 Desember 2023 sebagai bentuk kepedulian dan kontribusi kepada mayarakat sekitar. Pada 17 Desember 2023 dilaksanakan Bahtsul Masa’il Qur’aniyah. Kegiatan ini  melibatkan sejumlah delegasi undangan  untuk berpartisipasi dalam diskusi untuk membahas dan menyelesaikan berbagai isu terkait dengan pembahasan Al-Qur’an. 

Sementara majelis shalawat burdah dihelat di halaman pondok pada 21 Desember 2023 dan  diikuti oleh seluruh santri.

Pada hari H puncak acara tanggal Sabtu 23 Desember 2023,  berlangsung beberapa agenda dimulai dengan temu alumni pada pukul 10.00 pagi di Aula AB PP Al-Munawwir.

Sore harinya, dilakukan ziarah maqbarah sekaligus pembacaan doa khotmil qur’an atas pembacaan 85 majlis khataman yang telah dimulai sejak tanggal 22-23 Desember di Maqbaroh Masyayikh Dongkelan.

Tepat ba’da isya, pukul 19.30, tibalah pada rangkaian malam puncak yang dimulai dengan majelis Haflah Khotmil Qur’an. Dan disambung dengan doa oleh dengan Pembacaan Tahlil dan doa oleh KH Muslim Nawawi dan R KH Abdul Hamid bin Abdul Qadir.

Menurut laporan dari panitia, oleh KH Hafidz Tanwir yang menyampaikan bahwa majlis haflah tahun ini diikuti oleh 44 total khatimin/khatimat. Dengan rincian 30 khotimin Qiroah Masyhuroh, 11 khotimat Qiroah Masyhuroh, dan 3 khotimat Qiroah Sab’ah.

Menyusul pukul 21.00 WIB  digelar Haul Al Maghfurullah KH. M. Munawwir Bin Abdullah Rosyad ke 85, Sabtu malam (23/12) . Pengisi Tabligh Akbar pertama yakni Dr KH Bahrun Syafi’i MA

 Acara haul ini dihadiri sejumlah tokoh dari Nahdlatul Ulama.

Tokoh-tokoh yang hadir di antaranya adalah Ketua PBNU Yahya Cholil Staquf, eks Ketua PBNU KH. Said Aqil Siradj.Selain itu hadir juga Ketua Umum PKB yang juga cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Katib Aam PBNU K.H. Ahmad Said Asrori, hingga Bupati sekaligus Ketua DPC PKB Bantul Abdul Halim Muslih.

Dalam kalimat sambutannya, Kiai Said Aqil merasa senang kehadiran Muhaimin Iskandar dalam haul yang dihadiri ribuan orang ini. Kiai Said Aqil menyebutkan Gus Muhaimin bakal menang di Pilpres 2024.

“Yang saya muliakan Wakil Ketua DPR RI, Ketua Umum PKB dan calon wakil presiden 2024 yang Insya Allah jadi, Muhaimin Iskandar,” kata dia.

Gus Yahya juga merasa bersyukur melihat Gus  Imin mengikuti Haul Almunawir Ponpes Krapyak. Gus Yahya menyebut dirinya selalu hadir dalam acara Haul K.H. Muhammad Munawwir Bin Abdullah Rosyad ini.

Dia mengaku hanya sekali absen mengikuti Haul Almunawwir. “Saya mondok di sini tahun 1979 sejak umur 13 tahun hingga 1994. Sesudah itu sampai sekrang tidak sekali pun absen hadir dalam haul ini. Kecuali sekali ketika saya mukim di Mekah untuk setahun saja,” kata dia.

Menurut Gus Yahya, beberapa tokoh lulusan Pondok Pesantren Krapyak selalu menghadiri acara haul tiap tahun.

Gus Yahya yang 13 tahun menimba ilmu di Ponpes Krapyak mengaku selalu mengikuti acara haul sampai saat ini.

Kebiasaannya menghadiri haul itu ditularkan dari kebiasaan pendahulunya dalam memimpin PBNU, yaitu eks Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj.

"Saya meniru Kiai Said Aqil Siradj ini yang juga istikamah selalu hadir dalam majelis haul Masyayikh Rembang Jawa Tengah, beliau sampai dawuh kepada saya, 'Pokoke aku diundang ora diundang, aku ngoroh (tetap datang)', katanya Kiai Said Aqil," tutur Gus Yahya.

Sementara itu, Gus Muhaimin tiba di lokasi acara ini pada pukul 21.47 WIB. Gus Imin mengenakan baju koko putih serta sarung bernuansa putih dan peci hitam. Kedatangan Gus Imin turut disambut oleh kiai dan para ulama termasuk pengasuh Ponpes Kiai Abdul Hamid.

Muhaimin merasa bersyukur bisa menghadiri Haul Al Maghfurlah KH. Muhammad Munawwir Bin Abdullah Rosyad ke 85 di Krapyak, Yogyakarta. Menurut dia, Mbah Munawwir adalah penggagas pesantren Alquran pertama di Indonesia.

Menurut Gus Imin, KH. Muhammad Munawwir memiliki sanad yang tersambung hingga Nabi Muhammad SAW, dan pemilik sanad Alquran utama abad ke-20 di Indonesia.

“Semoga seluruh keluarga besar Pondok Pesantren Al Munawwir senantiasa istiqomah mencetak pencinta dan penghafal Alquran sebagaimana diwariskan oleh Mbah Munawwir,” ungkapnya.

Acara Haul dipungkasi dengan doa penutup oleh KH Masduqie. (Aji)

Tidak ada komentar: