Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Dimulai Tahun Ini! Kalimantan Timur Bersiap Punya Jembatan Megah, Diperkirakan Rampung 2025


Suarabamega25.com - Kalimantan Timur bersiap memiliki jembatan baru yang menghubungkan dua wilayah.  Jembatan tersebut rencananya dibuat lebih megah dengan desain terbaru.  Pembangunan jembatan baru di Kalimantan Timur ini bakal dimulai tahun 2024 dan diperkirakan rampung tahun 2025.  

Infrastruktur penghubung itu ternyata sudah ada, namun kondisinya tidak lagi memungkinkan digunakan.  Pemerintah setempat sepakat mengganti jembatan tersebut dengan yang baru.  Jembatan tersebut bernama Jembatan Uko, juga dikenal sebagai Petete Genantung. 

Lokasinya berada di Desa Uko, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser. Baca Juga: Habiskan Rp6 Triliun di Maluku, Jembatan Super Megah Bersiap Hubungkan Dua Pulau Alasan mengapa jembatan lama itu diganti karena masih menggunakan konstruksi gantung dengan alas papan kayu. Kondisinya pun cukup memprihatinkan, di mana terdapat kerusakan seperti lubang dan ketidakstabilan struktur. Kondisi ini dapat menghambat akses kendaraan berat yang melintas di jembatan tersebut.  Pembangunan Jembatan Uko ini diinisiasi Bupati Paser, Fahmi Fadli, bertujuan meningkatkan perekonomian antara kedua 

Rencananya Jembatan Uko ini dibangun sepanjang 60 meter menghubungkan Kelurahan Muara Komam dengan Desa Uko. Jembatan ini perlu diganti karena juga menjadi akses vital ke Desa Rantau Buta dan Rantau Layung. Adapun struktur jembatan semula dari kayu, akan dibangun dengan struktur beton yang lebih representatif. Adapun lahan untuk membangun jembatan baru ini berada di atas lahan dengan lebar sekitar 8 meter. Pembangunan jembatan ini diharapkan segera rampung tahun depan sehingga bisa segera digunakan.

Tidak ada komentar: