Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Kuliner Aneka Kopi Tahlil Indonesia


Suarabamega25.com - Hari Kopi Internasional jatuh pada 1 Oktober. Pada hari kopi internasional juga ada lomba membuat dan meracik kopi dari tingkat lokal , nasional maupun internasional dengan berbagai kategori. 

Event Hari Kopi Internasional masih sangat jauh, pelaku usaha kopi Nasional sedari Juni yang lalu juga  menggelar event  mentereng yakni Barista Innovation yang berhadiah total Rp  500.000.000, -( 500 Juta).

Barista Innovation Challenge ke 5  tidak hanya di ikuti dari Indonesia saja melainkan peserta dari Malaysia dan Thailand.

Wine of Java", demikian bangsa Eropa menyebut minuman kopi. Dari Bumi Nusantara ini ada berbagai macam Kopi, ada kopi murni, kopi rempah, kopi stamina, kopi tahlil sampai kopi kekinian dengan berbagai rasa. 

Salah satunya kopi tahlil (Yaman) membuatnya memang harus diramu perpaduan kayu manis, kopi, kapulaga, jahe, serai, cabe puyang, gula ada juga yang menambahkan daun jeruk. Kopi tahlil kemasan, hanya dijumpai di toko-toko Arab atau berada di kompleķ pemukiman Hadramayn habaib yang ada di Indonesia. Tapi bila sudah ngidam kopi, copacino varian vanila biar cepat. 

Jawara kopi saat ini pemainnya sudah sangat banyak sekali. Group Kopi Kapal Api, Torabica, Luwak dan sederet legenda kopi terlalu tangguh. 

Pelaku usaha UMKM di Indonesia tentu akan kesulitan menggempur jawara kopi yang sudah mendunia.

Kopi lokal daro daerah penghasil kopi unggulan saling berlomba untuk menjual kopi asli dari  daerah-daerah  bermunculan, seperti Kopi tubruk Mukidi dari Temanggung Jawa Tengah, kopi bandrek Jogjakarta, Aciak Padang, dari ujung barat kopi Gayo Aceh, Toraja, Lampung dan sampai kopi Papua, tiap daerah berbeda beda dengan beragam mitos kandungan kafein, yang sebenarnya pada kondisi tertentu untuk menyegarkan otak dari kelelahan.

Dahulu kopi Lampung terkenal karena bisa tidak bikin ngantuk. Di era sekarang, kopi menjadi menu pagi hari.Dengan menyeduh kopi, sebuah semangat baru akan terbentuk, demikian iklan Kopi Kapal Api dalam jargon iklannya Tetap Semangat!

Kopi Nusantara kini berkembang sedemikian pesatnya, menjadi komoditas unggulan untuk digenjot pangsa pasarnya di dunia Internasional.

Kopi tahlil khas Pekalongan berbeda dengan kopi tahlil Semarang (tambahan daun jeruk), kopi Tahlil Solo (banyak kayu manis), Kopi Jombang (Jahe dan merica), Kopi Zanzabil Palembang (tambahan ketumbar, untuk pesta pernikahan), Kopi Tahlil Surabaya  (Pedas, manis karena Jahe banyak) , Kopi Bondowoso (campuran kopi rendam madu), kopi Majun Madura (ekstra tongkat madura ful stamina) , Sahira (Jakarta) dan banyak tempat kopi Indonesia dengan khas masing-masing. 

Mantan Ketua DPP PPP Suharso Monoarfa menyebut ada 1 juta pelaku usaha kopi di Indonesia dan potensial untuk dikembangkan.( Aji)



Tidak ada komentar: