Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Asisten Setda Kotabaru Buka Festival Katir Race dan Malasuang Manu 2024 di Teluk Aru


Suarabamega25.com - Bupati Kotabaru  diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda membuka Festival Katir Race dan Malasuang Manu 2024, Minggu (1/9/24) di Desa Teluk Aru Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Kabupaten Kotabaru, Kalsel. 

Kegiatan ini selain dihadiri, Asisten 1 Setda Kotabaru juga dihadiri Asisten 3 Setda Kotabaru, Anggota DPRD, Forkopimda, Kepala Bank KalSel Cabang Kotabaru, SKPD, Camat Pulau Laut Kepulauan, Kepala Desa dan seluruh warga setempat maupun wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kotabaru Sonny Tua Halomoan, ST, ME menjelaskan, Event merupakan salah satu Kalender Event yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga yang bekerjasama dengan panitia Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, sebagai salah satu ujud usaha menggalakkan promosi wisata melalui budaya sebagai warisan para pendahulu kita.

"Festival Malasuang sebagai wujud pelestarian adat budaya kearifan lokal serta diharapkan mampu menjadi daya tarik wisatawan.

Kata Sonny, " Acara Adat Malasuang Manu adalah budaya adat kearifan lokal dengan melepas sepasang ayam jantan dan betina dibibir pantai Teluk Aru atau ke Pulau Cinta yang terus dilaksanakan secara turun temurun. Katir Race itu adalah sebuah perahu khas orang mandar dimana fungsinya untuk mencari ikan dan sebagai alat transportasi yang mana perahu itu ada layarnya.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kotabaru Drs. H. Minggu Basuki, M.Ap dalam membacakan sambutan Bupati Kotabaru sekaligus  membuka kegiatan tersebut menyampaikan, Festival Katir Race dan Malasuang Manu 2024 sebagai wujud dan komitmen bersama dalam upaya memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Kotabaru.

"Melalui Festival ini kita dapat menyaksikan tradisi adat istiadat dan seni budaya yang merupakan kekayaan yang harus kita syukuri, yang diharapkan menjadi ajang untuk memperkuat solidaritas dan kerjasama antar masyarakat, Pemerintah dan Pelaku Pariwisata dalam memajukan Sektor Pariwisata di Kabupaten Kotabaru.

Kata Minggu,"Festival ini juga dapat dijadikan ajang promosi Pariwisata yang ada di Kabupaten Kotabaru. Kegiatan seperti ini perlu di apresiasi  dan dilestarikan sebagai salah satu sarana mempromosikan tradisi lokal dalam kemasan Festival agar  lebih dikenal sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Kotabaru, khususnya ke Desa Teluk Aru Kecamatan Pulau Laut Kepulauan. Budaya kita adalah identitas kita dan dengan menjaga warisan budaya," tuturnya.(red)

Tidak ada komentar: