Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Kuliner Gethuk Basah Viral


Suarabamega25.com - Asal mula gethuk goreng, H Tohirin (ASLI) atau Kaki Sanpringad Sokaraja yang awalnya menjual gethuk basah malam hari, namun pernah tidak habis, gethuk nya kemudian di goreng pagi harinya dan ternyata gethuknya justru di kemudian lebih laris dan laku. Cara membuat gethuk Basah ini sangat mudah. Pilih jenis singkong ketan (Wanakerta, genjah kertas) yang tentunya dikukus sampai empuk/matang benar. Tumbuk dahulu baru masukan gula jawa cair (direbus dengan tambahan kayu manis dikit). Bila tak sempat gula jawa cair, bisa dengan rajangan halus. 

Lalu masukan gula ke tumbukan singkong hingga merata/kenyal).Tambahi garam sedikit saja dan vanili. Jangan masukan pemanis buatan.  Bentuk di loyang, potong-potong dadu kecil , ukuran 1,5-2 cm. Taburi dengan Ampas kelapa. Nah getuk Basah ini siap disajikan. Bila mau digoreng , gethuk potongan dadi masukan ke adonan tepung beras agak energi baru digoreng di minyak dengan api sedang. Kudapan rakyat ini di Banyumas sangat mudah ditemui di Sokaraja Banyumas, penjual gethuk goreng juga menjual gethuk basah yang enak nan menggugah selera.(Aji)

Tidak ada komentar: