Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Puncak Haul Ke 113 Habib Ali bin Muhammad Husain al Habsyi


Suarabamega25.com, Solo - Setelah acara Rauhah yang digelar 20-22 Oktober dan dipungkasi dengan khotam Rauhah tadi malam. Hari ini Rabu (23/10) menjadi puncak Haul ke 113 Habib Ali Muh Hùsain al Habsyi yang di gelar Rubath Riyadh ,Gurawan Pasar Kliwon,Solo. Sedari pagi jamaah telah mrmadati sekitar lokasi acara. Kasidah dan sholawat bergema menyejukan suasana. Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf dengan indahnya membawakan sholawat Allohu-Allohu Qad Kafani dengan suara merdu nan indah. Lepas itu tepat jam 09.00 Habib Anis bin Hasan bin Anis bin Alwi bin Ali bin Muhammad Husain al Habsyi kembali memimpin puncak Haul.

Mengawali acara digelar Yasin dan Tahlil oleh Habib Jamal bin Abdul Qadir Assegaf. Setelah itu dibacakan manakib oleh Habib Alwi bin Ali bin Alwi bin. Ali al Habsyi dalam bahasa Arab dan diterjemahkan oleh Habib Mohammad bin Hasan Al Habsyi. Msuizah hasanah oleh Habib Ahmad bin Muhammad bin Hasan Al Habsyi dan diterjemahkan oleh Habib Ahmad bin Novel  Jindan. 

Pada kesempatan pertama ceramah Habib Ahmad bin Muhammad Hasan Al Habsyi menyampaikan tentang awal penciptaan mahluk yakni nur Muhammad (berupa cahaya) dari Baginda SAW. Sedangkan para Nabi adalah penyebar dakwah dan Nabi SAW adalah penyempurnaan dan penutup dakwah dari dakwah dan perjuangan para Nabi. "Pun termasuk kelahiran dan perjuangan Habib Ali bin Muhammad Husain al Habsyi adalah sebagai penerus dakwah dan perjuangan Rasulullah SAW. " buka Habib Ahmad al Habsyi. 

Kelahiran Habib Ali adalah sebagai pewaris dan meneruskan perjuangan dan dakwah Rasulullah SAW," tambah Habib Ahmad. Tentang keistimewaan Habib Ali (Shohibil Maulid Simthud Durar) juga  telah diramalkan oleh salah gurunya yakni Habib Abdullah Al Athas (Penyusun Ratib Al Atthas), tutur Habib Ahmad Jindan yang menerjemahkan ceramah (tarajim) Habib Ahmad Al Habsyi  ke dalam bahasa Indonesia.        

Sedangkan mauizah hasanah  kedua oleh Habib Ahmad Al Jilani dan diterjemahkan oleh Habib Jindan bin Novel bin Salim Jindan.      Habib Ahmad al Jilani dalam ceramah singkatnya mengajak jamaah untuk meneladani shohibul haul dan juga untuk mendidik anak-anak dari pergaulan jaman."ajak dan didik anak-anak kita agar menjadi orang solih," ajak Habib Ahmad. Acara ini ditutup dengan doa Wahbah oleh Habib Anis bin Hasan bin Anis bin Alwi bin Ali al Habsyi dan jamaah kemudian di jamu dengan nasi kebuli.        

 Sebelumnya, Selasa malam-Rabu pagi  digelar     Khotam Rauhah 22-23 Oktober 2024.Rangkaian Khotamul Rauhah Haul Haul al-Imam al-Qhutub Habib Ali bin Muhammad al-Habsyi ke 113 Solo-Acara Rauhah Haul Solo telah mulai digelar dari Minggu (20-22/10) dengan Haul sendiri digelar pada Rabu (23/10) serta Puncak Haul (Maulid Subuh-selesai,Kamis ,24 Oktober 2024).                                               

Pada Rauhah ,Ahad (20/10-23 Oktober) yang dipimpin oleh Habib Anis  al Habsyi, beberapa tamu dari mancanegara dari Seiwun (Yaman) seperti Habib Muhammad Al Jilanu tampak menyimak dan membacakan kalam salaf dari Shohibul Maulid, suara kasidah indah dibawakan oleh Habib Alwi bin Ali bin Alwi bin Ali bin Muhammad Husein Al Habsyi (Habib Alwi Kuadrat) menambah kerinduan dan mahabah kepada Nabi Muhammad SAW.

Banyak tokoh hadir di Rauhah Haul Solo (20-22 Oktober) dari mulai Habib Syekh bin Abdul Qadir Assegaf, Habib Soleh Jufri. Habib Ahmad Al Habsyi. Habib Ali al Hsbsyi, Habib Muhammad Al Habsyi, Habib Novel Aladrus dll. Acara rauhah ini dipimpin Habib Anis al Habsyi. Pasar Gurawan (Riyadh,Pasar Kliwon ) Solo . Acara Rauhah dipungkasi dengan khotam Rauhah yang disampaikan oleh Habib Soleh bin Munthohar Al Hamid, Habib Muhammad Al Jilani, Habib Abdullah Al Mashur.                             

Jamaah mulai memutih, Ribath Gurawan penuh dengan habaib dan muhibbin dari berbagai daerah di tanah air. Area menuju komplek haul mulai diterapkan arus buka tutup terutama jalan Kapten Mulyadi (Riyadh).    

Habib Ahmad bin Novel bin Salim bin Jindan sebagai tarajim (penerjemah) menyampaikan tentang apa yang disampaikan para pembicara tentang keutamaan menghadiri majelis, semoga mendapatkan kecintaan dari Alloh SWT.” Serta mendapatkan jamuan yang besar dari Nabi Muhammad SAW dan Shohibul haul yakni Habib Ali bin Muhammad Husein al Habsyi. Ini akan nampak dengan penyelamatan kita kepada Rasulullah SAW dan kita pulang akan mendapatkan kecintaan dari Alloh SWT dan Rasulullah SAW.

Pada kesempatan itu para pembicara Khotam Rauhah juga mendoakan perjuangan rakyat Palestina. “Semoga untuk saudara-saudara kita yang tengah tertimpa musibah jauh dari baĺa dan musibah.Terutama bagi saudara kita rakyat Palestina, semoga rakyat Palestina diberikan kemenangan yang besar,” jelas Habib Ahmad bin Novel Salim Jindan (Adik Habib Jindan bin Novel Salim Jindan /Pengasuh Ponpes Al Fachriyyah, Ciledug-Tangerang).

 Acara puncak Haul akan digelar Rabu dari 09.00-selesai dan Maulid Subuh pada Kamis (04.00-selesai). Berapa stasiun TV juga menampilkan live streaming melalui Nabawi TV, Wafa Tarim TV,Sunsel TV serta Ar Riyadh Official dll.                                                   Urai Kemacetan,

 Begini rekayasa arus lalu lintas Haul 113 Solo . Secara teknis  rekayasa lalu lintas dalam perencanaan menghadapi puncak Haul Solo ke 113 dan kantong parkir, Polres Surakarta ,Panitia Haul dan Dinas Perhubungan serta Pemkot Kota Surakarta telah berkolaborasi dan bersinergi untuk mensukseskan acara haul dan maulid. Seperti dipaparkan Kabid Lalu Lintas Dishub Solo Ari Wibowo mengatakan, arus lalu lintas akan dialihkan selama penutupan.

"Rekayasa lalu lintas akan diberlakukan di sekitar lokasi penutupan untuk menyediakan akses alternatif," ungkap Ari Wibowo Dephub.

Pengalihan Arus Lalu Lintas

Kendaraan dari utara menuju Sukoharjo atau Wonogiri akan dialihkan melalui Jl Mayor Kusmanto via Gladak dan melanjutkan perjalanan di Jl Yos Sudarso (Simpang Nonongan).

Segmen Jalan Slamet Riyadi dari Bundaran Gladag hingga Simpang Nonongan akan diberlakukan dua arah (contra flow).

Kendaraan dari Jalan Kyai Mojosongo (Semanggi) menuju pusat kota akan diarahkan melalui Jalan Sungai Serang, Jalan Kahar Muzakir, dan Jalan Brigjen Sudiarto sebelum melanjutkan ke jalur kota melalui Jalan Yos Sudarso.

"Pada 24 Oktober, Jalan Kahar Muzakir hingga Jalan Brigjen Sudiarto akan diberlakukan dua arah, sesuai kondisi lapangan," jelas Ari.

Adapun 10 kantong parkir peserta haul yang telah disiapkan Dishub Solo yakni:

Sisi timur dan barat Benteng Vastenburg,Depan Mako Brimob (Mojo, Pasar Kliwon), Belakang asrama CPM Gilingan, PAU Pedaringan,Terminal Tirtonadi, Pamedan Mangkunegaran, Sisi utara Jl Juanda,The Park Solo Baru.          

Acara malam adalah acara santai atau hiburan, biasanya para habaib dan muhibbin berjoged baik berkelompok dengan iringan musik gambus. Kamis akan digelar Maulid Subuh (pembacaan Maulid Simthud Durar) dan bersambung mauizah dan Kamis siang, berakhirlah Haul 113 Solo. ( Aji)

Tidak ada komentar: