Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Harlah Ponpes Darul Abror Purbalingga ke 33


Suarabamega25.com, Purbalingga - Pondok Pesantren Darul Abror pada Bulan Juni 2024 ini merayakan Harlah Pondok ke 33. Berbagai kegiatan penuh semarak digelar dalam seminggu terakhir mulai dari acara pentas Seni, Jalan sehat, Pentas Nasyid, Donor Darah, Khataman Quran, Shalawatan bersama Habib Syafiq bin Anis Al Athas dari Purwokerto (Banyumas) pada 4 Juni 2024 yang diiringi Grup Hadrah Majlis Syifaul Qulub Purbalingga.

Puncak acara harlah ke 33 serta khataman kitab Ihya ulimiddin ke 8 , Pengajian Akbar akan digelar pada Sabtu Legi 8 Juni 2024 dengan mengundang pembicara Dr.KH Abdul Kholiq Syafa'at , MA (Pengasuh Ponpes Darussam, BlokAgung Genteng , Banyuwangi Jawa Timur). ke 33 yang semua acara digelar dipusatkan di area  ponpes yang terletak di desa Kedungjati, RT. 1 RW. 7, Bukateja, Dusun I, Kedungjati, Kec. Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Pada kesempatan sambutan, KH Abror Mushodiq , Pengasuh ponpes Darul Abror mengucap syukur atas kebelangsungan Pondok Pesantren yang tak terasa hampir 35 tahun telah berjalan. “Alhamdulillah, Ponpes Darul Abror sudah berjalan 33 tahun, semoga semakin bermanfaat bagi masyarakat, “ kata KH Abror Mushodiq. 

 Pondok 

Ponpes Darul Abror didirikan oleh KH Abror Mushodiq sekitar 33 tahun yang lalu.Awal berdirinya ponpes Darul Abror, atas perintah Guru KH Abror Mushodiq , yakni KH Syafaat Banyuwangi yang menasihati agar jangan jadi dai keliling.Tapi menyuruh nya agar mendirikan pesantren. Agar santri yang mendatangi guru, menyerap ilmu dari guru.

Awalnya dibuka dari tingkat ibtidaiyah sampai Tsanawiyah dan meningkat sampai Aliyah.

Sampai saat ini sudah dikhatamkan kitab ihya ke 8.“Alhamdulillah Pondok Pesantren sudah menghatamkan kitab Ihya Ulumiddin, ini merupakan kitab yang merupakan wasiat dari guru saya.” Kata  KH Abror Musodiq, pengasuh Ponpes Darul Abror.

Saat ini Ponpes Darul Abror juga menyelenggarakan pendidikan formal dari dasar sampai menengah atas (SMK/SMA).

“Alhamdulillah, Ponpes sanggup mengembangkan pendidikannya formal. Dahulu ponpes hanya menyeenggarakan pondok salafiyah. Salafy dan salafiyah itu beda. Ponpes salafy itu dirintis oleh para ulama sepuh seperti yang dirintis oleh para wali songo. Setiap manusia , setelah kita berfikir diajak oleh teman-teman tapi kenapa berdebu-debu. Setelah saya melihat, mana bisa MI dan kita gembleng bisa bersaing dengan lulusan pendidikan formal. Memang setelah kita amati, wali murid atau wali santri tertarik, sehingga mondok di ponpes Darur Abror. Dari pada dititipkan di SMP dan SMA. Alhamdulillah sekarang Ponpes Darul Abror sudah mendirikan MTS. Setelah itu, kita mendirikan STM.Insya Alloh, Pondok Pesantren Darul Abror ini santrinya dari luar daerah. Saya senang, setelah ada madrasah bisa saya berpromosi MTS-MTS yang ada di kecamatan Bukateja.

Alhamdulillah, saya mendirikan SMK/SMA sekarang muridnya sudah mulai banyak, target pengurus dan yayasan tahun ini gedung baru telah selesai. 

“Ketika saya belajar di Pesantren, Mbah Kyai Muhtar Syafaat Abdul Gofur sering kali, kamu harus mencintai dari beberapa ilmu. Jangan hanya hidup dari satu ilmu saja. Kalau bisa hanya mencangkul, kemana saja nanti hanya mencangkul. Tapi insyaalloh dengan bekal yang ada ada program unggulan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris bisa menjadi bekal bagi santri-santri di kemudian hari, “ tambah KH Abror Mushodiq.

"Intinya Darul Abror sudah menyelenggarakan pndidikan formal. Sekarang harus menyesuaikan dengan prkembangkan situasi jaman.,Saya punya punya guru Kyai Mualim, kita harus berfikir London berjiwa Masjidil Haram,” kata KH Abror Musodiq, yang juga adalah mantan A'wan Syuriah NU Kabupaten Purbalingga dan juga pernah jadi Ketua Majlis Ulama Indonesia (MUI). Kab Purbalingga  Jawa Tengah. (Aji)

Tidak ada komentar: