Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Bupati Bersama Ketua TP PKK Kotabaru Hadiri Event Pesta Laut Pulau Manti

Suarabamega25.com


- Bupati dan Ketua TP PKK Kotabaru menghadiri Event Pesta Laut Pulau Manti Ke - 42 Tahun 2024 digelar selama 2 hari 27 dan 28 juli 2024, Minggu (28/7/24 dI Desa Rampa kecamatan Pulau Sebuku kabupaten Kotabaru, Kalsel. 

Acara dihadiri Bupati Kotabaru, Asiaten, Staf Ahli, Forkopimda, Kepala SKPD, Camat Pulau Sebuku, Kades Desa Rampa dan masyarakat Kotabaru. 

Bupati Kotabaru mengatakan, atas nama pemerintah kabupaten Kotabaru,saya menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya acara pesta adat mapparentasi pulau manti.yang merupakan sebuah acara yang dinanti nanti oleh masyarakat Kotabaru dalam rangka mengembangkan potensi wisata budaya dan adat masyarakat nelayan.


"Mapparentasi yang setiap tahun dilaksanakan oleh para nelayan bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar para nelayan selalu diberikan kesehatan dan keselamatan sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas nikmat Allah yang telah diberikan keselamatan perolehan tangkapan ikan.

Kata Jafar, "Saya berharap melalui acara ini semoga kabupaten Kotabaru lebih dikenal oleh khalayak ramai baik ditingkat provinsi maupun nasional hingga mendunia"ucap bupati.

Kepala Disparpora Kotabaru Sony Tua Halomoan mengatakan,"Festival pulau manti ke 42 adalah bentuk rasa syukur nelayan,khususnya desa rampa Pulau Sebuku atas rezeki yang didapatkan selama ini.

"Ini adalah termasuk event kalender wisata,ritual ini hanya digelar dikotabaru dan menjadi daya tarik sebagai event budaya pesisir. 

Kata Sonny, " Pesta laut pulau manti sukses menarik perhatian publik dalam rangka melestarikan budaya dan kearifan lokal. Event ini merupakan sebuah selamatan laut yang dilaksanakan masyarakat, selain itu beragam bentuk acara dan hiburan adat lainnya, mulai dari penampilan masyarakat dalam kelihaiannya batiti ditali yang merupakan ciri khas suku rampa,balap kapal nelayan,tarian tradisional hingga acara syukuran. Digelar selama 2 hari di pulau manti diantaranya futsal turnament,vollyball turnament dan lomba turnament balap perahu"'tutupnya.(red)

Tidak ada komentar: