Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Cara Bikin Bakso Yang Lezat


Suarabamega25.com -  Cara Bikin Bakso Yang Lezat pernah dengar lagu anak-anak.....Abang tukang bakso, Mari-mari sini…saya mao beli. Tetapi nunggu tukang bakso nya nggak lewat, mending bikin sendiri saja, selain enak, murah juga bergizi.

Masih punya stok daging sapi melimpah tersimpan di kulkas? Kalau biasanya mengolah daging sapi untuk dijadikan rendang atau tumisan daging. Kali ini bisa saja bakso sapi yang tentunya tak kalah nikmat dengan bakso keliling. Sangat menguntungkan, dengan modal sedikit, hasil berlimpah ruah.

Apalagi bakso menjadi salah satu makanan yang jadi favorit banyak orang. Bakso merupakan olahan daging yang dibentuk bulat-bulat dari mulai kecil sampai besar (jumbo).Ukurannya pun beragam sesuai dengan selera yang memasaknya.

Biasanya bakso sapi yang berukuran lebih besar memiliki isi di dalamnya. Mulai dari jamur, daging cincang, hingga telur. Caramenyajikan bakso tersebut dengan cara digoreng, dibakar, maupun berkuah lengkap dengan mie.

Membuat dan mengolah bakso sapi sangat mudah. Yang terpenting, sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan sehingga bakso sapi matang dengan sempurna.

Cara membuat bakso sapi:

Untuk membuat bakso sapi, ada bahan-bahan yang perlu di siapkan. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut:

Bahan bakso sapi:

500 gram daging sapi

1 butir telur

100 gram tepung kanji

3 siung bawang putih, haluskan

1 sdt lada bubuk

1/2 sdt bubuk pala

1 sdm garam

1/2 sdt kaldu sapi bubuk

Bila tidak mau ribet, datanglah ke penggilingan daging dan mintalah takaran sesuai selera. Air secukupnya untuk merebus.

Setelah menyiapkan bahan yang diperlukan, Bunda hanya perlu ikuti langkah-langkah berikut ini:

Giling 500 gram daging sapi yang sudah dibersihkan ya, Bunda. Jika sudah halus, masukkan telur dan bumbu lainnya kecuali tepung kanji (tapioka/singkong) Untuk mempermudah dan menghemat waktu, Bunda bisa gunakan alat masak food processor (blender).

Selanjutnya, tuang tepung kanji sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.

Setelah adonan bakso siap, masak air sampai mendidih. Kemudian bulat-bulatkan adonan sesuai selera, bisa juga dalam buatan diisi daging, cabai/sambal (bakso mercon), bakso urat, udang, jamur sesuai selera dan masukkan ke dalam air yang mendidih.

Biarkan hingga terapung, angkat, dan tiriskan.

Bakso sapi buatan sudah siap untuk diolah menjadi hidangan lezat. Kuah Bakso dari kaldu (rebusan tulang/daging), jangan lupa tambahkan bawang goreng, saus dan kecap secukupnya.

Tidak ada komentar: